Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi di Majalah "Time" Dikaitkan dengan "Star Wars"

Kompas.com - 16/10/2014, 16:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak lama setelah sampul (cover) majalah Time edisi 27 Oktober akan yang menampilkan wajah presiden terpilih RI, Joko Widodo, beredar di media sosial, kreativitas netizen Indonesia langsung tergelitik, mereka mengeditnya dengan tema "Star Wars".

Sampul majalah Time dengan headline "A New Hope" itu langsung diedit dengan ditambahi dua sampul lainnya yang menampilkan wajah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan tulisan "Empire Strikes Back" dan foto Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan tulisan "Return of The Jedi".

Menurut pantauan KompasTekno, foto tiga sampul majalahTime (dua di antaranya adalah hasil olahan digital) itu mulai beredar di jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Path sejak Kamis (16/10/2014) siang.

Bagi orang awam, mungkin judul-judul headline itu tidak nyambung atau tidak bisa dipahami. Namun, bagi fans film saga Star Wars, judul-judul headline itu sudah tak asing lagi. Ketiganya adalah judul trilogi film fiksi luar angkasa garapan sutradara George Lucas yang populer pada tahun 70-an hingga 80-an.

Headline majalah Time "A New Hope" memang sama dengan judul film Star Wars pertama yang dirilis pada tahun 1977. Dalam film ini, karakter utama Luke Skywalker bersama Kesatria Jedi bersama-sama menyelamatkan alam semesta dari ancaman Galactic Empire pimpinan Darth Vader.

Sementara dalam Empire Strikes Back yang menjadi film kedua yang dirilis tahun 1980-an, Darth Vader berencana membalas dendam dengan mengejar Luke Skywalker dan Rebell Alliance. Pada seri ini Luke berguru tentang kekuatan Force kepada Yoda, seorang Master Kesatria Jedi.

Return of the Jedi melengkapi trilogi saga Star Wars yang dirilis pada tahun 1983. Pada seri ini, Luke Skywalker dan sahabatnya, Han Solo, bahu-membahu menghancurkan Death Star yang sedang dibangun kembali oleh Darth Vader dan The Emperor.

Banyak tanggapan mengenai tiga sampul majalah Time hasil olahan digital tersebut di jejaring sosial. Sebagian besar mengungkapkan rasa kekagumannya karena judul headline dan foto yang ditampilkan sesuai dengan kondisi politik di Indonesia akhir-akhir ini, seperti Jokowi yang akan dilantik menjadi Presiden RI, sementara parlemen dikuasai oleh Koalisi Merah Putih di bawah pimpinan Partai Gerindra.

@TIME/ Twitter Gambar cover majalah Time yang diunggah akun @TIME di Twitter
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com