Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latih Fokus dan Daya Ingat Anak dengan Game Lucu

Kompas.com - 18/10/2014, 15:14 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

ESSEN, KOMPAS.com - Ada dua game buatan Indonesia yang didesain untuk anak-anak yang hadir di pameran internasional Essen Spiel '14 di Jerman. Kedua game tersebut adalah Mashup Monster dan Kucing Sumput.

Dua game itu adalah bagian dari lima game Indonesia yang dibawa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Manikmaya Games ke acara yang berlangsung 16-19 Oktober 2014 tersebut.

Mashup Monster adalah permainan kartu yang unik, karena setiap kartu terpotong secara horisontal di bagian tengahnya. "Sobekan" ini berguna untuk menggabungkan dua kartu.

Ya, sesuai namanya, permainan ini pada intinya adalah menggabungkan (mashup) dua monster menjadi satu bentuk baru yang berbeda.

Pemain harus melakukan penggabungan itu sesuai dengan lemparan dadu, yaitu dengan mencocokkan jumlah dan simbol yang muncul dari dadu dengan monster yang dihasilkan.

Wicak Hidayat/KompasTekno
Game Mashup Monster, bisa digunakan untuk melatih fokus, konsentrasi dan kognitif.
Permainan ini sedikit banyak akan melatih kognitif dan fokus anak, karena mereka harus menemukan kombinasi jumlah dan simbol yang diminta dengan cepat.

Meski memiliki unsur "latihan otak", game ini tetap menyenangkan bagi anak-anak. Terutama karena desain monsternya yang beragam jadi semakin lucu saat monster-monster tersebut digabungkan.

Sedangkan Kucing Sumput adalah permainan papan yang sudah tersedia dalam bentuk digital untuk perangkat Android.

Game ini menampilkan anak-anak kucing lucu yang bersembunyi di tong-tong sampah. Sedikit banyak memori anak akan terlatih dengan cara mengingat posisi kucing di papan.

Duta Pariwisata

Wicak Hidayat/KompasTekno Game Festivals of Indonesia dipamerkan dalam Essen Spiel '14, ajang pameran table top game terbesar dunia yang diadakan di Essen, Jerman, 16-19 Oktober 2014.
Selain dua game itu, ada juga game dengan judul Festivals of Indonesia yang hadir di pameran internasional Spiel '14. Muatan game ini menjadikannya bagai duta pariwisata.

Game Festivals of Indonesia menempatkan pemain sebagai "backpacker", wisatawan dengan dana terbatas. Pemain kemudian akan bepergian dari satu wilayah ke wilayah lain di Indonesia.

Uniknya, konten game ini menampilkan berbagai festival dan acara kebudayaan yang ada di Indonesia. Mulai dari yang sudah ternama hingga yang mungkin masih jarang terdengar.

Dengan konten seperti itu, game ini pun bisa berfungsi bagaikan duta pariwisata Indonesia, mengenalkan berbagai agenda wisata dan budaya yang ada di Tanah Air ke calon wisatawan.

Game Festivals of Indonesia saat ini masih berupa prototipe yang sedang dikembangkan. Di Essen Spiel '14, pameran tahunan boardgame yang digelar di Essen, Jerman, game ini mulai diperkenalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com