Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mat Goceng, Duel Seru para "Vrijeman"

Kompas.com - 19/10/2014, 15:52 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

ESSEN, KOMPAS.com - Mat Goceng merupakan salah satu dari lima game Indonesia yang hadir di Essen Spiel '14. Game ini menghadirkan duel seru antar "vrijeman".

"Vrijeman", kemudian hari diplesetkan menjadi "preman", merupakan istilah yang populer di masa pendudukan Belanda untuk mengacu pada "orang-orang bebas yang tak mau dikendalikan oleh pemerintahan kolonial".

Game Mat Goceng terbitan Manikmaya menghadirkan aksi duel "vrijeman" dengan latar belakang Batavia, 1922. Game ini menghadirkan tokoh-tokoh seperti Mat Goceng, seorang "vrijeman" Batavia ataupun Rijkard Kere, seorang serdadu Belanda.

Dalam permainan kartu untuk 3-6 orang ini, setiap pemain akan mengendalikan salah satu tokoh. Setiap tokoh memiliki motivasi yang berbeda, misalnya ada yang bertugas melindungi tokoh lain, ada yang justru ingin membunuh tokoh itu dan ada juga yang bertujuan mengumpulkan koin.

Serunya, para pemain tidak saling tahu tokoh apa yang dikendalikan pemain lain. Padahal, pada gilirannya setiap pemain akan diminta melakukan duel dengan pemain lain. Artinya, ada kemungkinan satu pemain menyerang pemain lain yang seharusnya ia lindungi.


Wicak Hidayat/KompasTekno Mat Goceng sedang dimainkan oleh pengunjung di Essen Spiel '14 salah satu pameran table top game terbesar dunia yang diadakan di Essen, Jerman, 16-19 Oktober 2014
Game yang dibumbui unsur komedi ini bisa dijadikan pemecah kebekuan dalam sebuah acara kumpul-kumpul, kategori yang sering disebut dengan "party game".

Mat Goceng telah dirilis sejak November 2013. Game ini juga telah didistribusikan ke berbagai negara, termasuk Australia, Amerika Serikat, Jepang dan Malaysia. Di dua negara terakhir itu, Mat Goceng bahkan memiliki distributor resmi.

Indonesia, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengirimkan perwakilan dari Manikmaya Games dan Kummara ke Essen Spiel '14, salah satu pameran table top game terbesar di dunia yang diadakan di Essen, Jerman, 16-19 Oktober 2014.

Mat Goceng merupakan salah satu game yang tersedia untuk dibeli oleh pengunjung pameran tersebut. Rupanya, pengunjung pameran cukup banyak yang menyukai game ini, terbukti pada hari kedua pameran, seluruh stok game ini di Essen Spiel '14 sudah habis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com