Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Nexus Lawas Ikut Kebagian "Lollipop"

Kompas.com - 20/10/2014, 09:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Google Nexus Keluarga Nexus baru yang mengusung sistem operasi Android 5.0

KOMPAS.com - Sistem operasi Android versi 5.0 atau "Lollipop" telah resmi diperkenalkan oleh Google. Sistem operasi mobile ini akan melakukan debut perdana di smartphone Nexus 6 dan tablet Nexus 9.

Namun, bukan hanya dua perangkat Nexus teranyar itu saja yang bakal kebagian "Lollipop". Laporan yang dilansir oleh ArsTechnica menyebutkan bahwa Android 5.0 akan turut tersedia untuk sejumlah perangkat Nexus lawas.

Daftar perangkat yang menerima update Lollipop mencakup Nexus 4, Nexus 5, serta tablet Nexus 7 dan Nexus 10.

Tak dijelaskan model Nexus 7 mana yang dimaksud, karena perangkat ini memiliki dua varian. Akan tetapi, kedua model Nexus 7 agaknya akan sama-sama menerima update, mengingat Nexus 4 yang sejaman juga bakal diperbarui.

Di samping keluarga Nexus, update Android 5.0 Lollipop juga akan disalurkan ke model-model perangkat Google Play Edition.

Jadwal pasti kedatangan Android 5.0 Lollipop di perangkat-perangkat tersebut belum diketahui. Google hanya menyebutkan bahwa kesemuanya bakal menerima update dalam "beberapa minggu ke depan".

Sebagai sistem operasi generasi terkini, Lollipop mengusung sejumlah fitur baru seperti tampilan antarmuka "Material Design", notifikasi lebih lengkap di lock screen, dan fungsi-fungsi anyar terkait soal keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com