Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flashdisk Jadi "Kunci" Akun Google

Kompas.com - 23/10/2014, 13:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google memperkenalkan metode keamanan terbarunya. Selain password dan otentikasi dua tahap, kini Google memperkenalkan perangkat USB flashdisk sebagai "kunci" untuk semua layanan online-nya.

Flashdisk yang diperkenalkan oleh Google tersebut ditujukan untuk memberikan perlindungan lebih bagi akun-akun layanan Google yang tingkat keamanannya sensitif.

Metode tersebut, dikutip KompasTekno dari Digital Trends (21/10/2014), disebut Security Key. Teknologi itu menggunakan protokol Universal 2nd Factor (U2F) buatan FIDO Alliance.

Flashdisk yang akan dipakai harus dipasangkan terlebih dahulu dengan akun Google. Setelah itu, tiap kali pengguna login, flashdisk tersebut juga harus ditancapkan di komputer/laptop melalui port USB.

Menurut Google, keunggulan proteksi itu adalah pengguna bisa menghindari phishing dan scam, atau penipuan dan pencurian data. Karena, Security Key hanya akan bekerja dengan situs Google yang asli, bukan situs imitasi yang didesain untuk menipu penggunanya.

"Saat Anda masuk ke akun Google dengan menggunakan Chrome dan Security Key, maka Anda bisa yakin bahwa identitas kriptografik di dalamnya tidak bisa ditipu," terang juru bicara Google, Nishit Shah.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang metode Security Key, Google telah menjelaskannya di blog resmi perusahaan. Anda bisa membacanya melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com