Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rooms, Aplikasi "Chat" Anomim Mirip IRC

Kompas.com - 24/10/2014, 10:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook kembali meluncurkan aplikasi pesan instan anonim bernama "Rooms". Saat ini, aplikasi pesan instan tersebut baru tersedia untuk platform iOS.

Rooms for iPhone yang diluncurkan pada Kamis (23/10/2014) itu dikembangkan oleh divisi Creative Labs Facebbok dengan fitur yang mirip dengan platform IRC yang pernah populer di awal era internet. Hanya saja, kini tampilannya lebih modern dengan fitur-fitur tambahan.

Seperti namanya, Rooms bisa membuat ruang percakapan untuk berbagai pengguna, tanpa harus menyertakan identitas asli mereka. Topik yang ingin dipakai dalam ruang percakapan itu juga bisa ditentukan sendiri, seperti tingkat kedewasaan (misal 18 tahun ke atas), warna, emoji, dan sebagainya.

Ruang percakapan tersebut tidak tersedia untuk publik, melainkan hanya tersedia bagi mereka yang mendapat undangan. Pengguna bisa bergabung melalui QR code yang dikirim oleh anggota lain yang telah bergabung.

Terdapat moderator yang bisa memantau percakapan. Moderator tersebut bisa mengeluarkan anggota grup bila dinilai percakapannya tidak sesuai dengan tujuan grup itu.

Dilansir KompasTekno dari Digital Trends, walau banyak yang mengasosiasikan Rooms dengan aplikasi Secret, namun pengembangnya, Josh Miller mengatakan bahwa Rooms memiliki karakter yang lebih lentur dan kasual.

"Itulah aset Rooms terbaik, pengguna bisa berdiskusi berbagai hal secara bebas, inklusif atau eksklusif, tergantung keinginan partisipan," demikian ujar Miller.

Walau belum jelas seberapa luas Rooms akan dipakai, namun Facebook percaya aplikasi mereka itu akan membantu portofolio produk yang dimiliki Facebook dan bisa menjadi ekosistem yang penting.

Rooms bisa diunduh melalui App Store atau langsung melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com