Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ganja Beli Domain Ebola.com

Kompas.com - 25/10/2014, 09:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pebisnis bernama Jon Schultz telah menjual domain Ebola.com dengan harga 200.000 dollar AS, sekitar Rp 2,4 miliar. Pembelinya, perusahaan bernama Weed Growth Fund yang memiliki kaitan dengan bisnis mariyuana.

Seperti diberitakan TheVerge, yang dikutip KompasTekno, Sabtu (25/10/2014), perusahaan Russia tersebut membeli Ebola.com dengan uang tunai 50.000 dollar AS dan saham 19.192 lembar.

Saham itu adalah untuk perusahaan lain, bernama Cannabis Sativa (nama latin tanaman ganja), yang berbasis di Nevada, Amerika Serikat. Nilai saham tersebut diperkirakan sekitar 164.000 dollar AS.

Belum diketahui apa rencana pemilik baru domain Ebola.com untuk situs tersebut. Sebelum pembelian, situs itu berisi artikel soal EBola dan tautan ke Amazon yang bisa mendatangkan uang untuk Schultz dan perusahaannya, Blue String Ventures.

Menurut CNBC, Schultz sempat menyatakan domain itu bisa dibeli oleh perusahaan farmasi, karena terkait dengan penyakit mematikan yang sedang mewabah di beberapa wilayah. Namun ia tidak menutup kemungkinan lain.

Schultz juga memiliki situs BirdFlu.com serta H1N1.com. Bisnisnya memang sederhana, beli domain dengan nama topik yang sedang jadi perbincangan dan menjualnya lagi dengan harga tinggi.

Domain Ebola.com dibeli Schultz seharga 13.500 dollar AS pada 2008 lalu. Kini, ia berhasil menjualnya seharga 200.000 dollar AS, lebih dari 10 kali lipat.

Meski demikian, muncul pertanyaan soal etika. Pantaskah ia mendapatkan keuntungan besar di saat Ebola sedang mewabah dan banyak merenggut nyawa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com