Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Bicara dengan Gadget, Pakai 5A

Kompas.com - 26/10/2014, 15:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Di masa lalu, interaksi manusia dengan gadget biasa dilakukan lewat tombol-tombol. Kemudian, muncul teknologi layar sentuh yang membuat manusia gemar menyentuh gadgetnya.

Ke depannya, manusia diprediksi akan makin gemar berbicara dengan gadgetnya. Perkembangan dari teknologi pengenalan suara seperti yang diterapkan Siri (Apple) ataupun Google Now.

ZTE, salah satu produsen telepon selular terbesar di dunia, secara resmi mengumumkan Protokol 5A untuk mengantisipasi makin populernya voice control technology.

Bersamaan dengan itu, ZTE juga membentuk "Smart Voice Alliance". Aliansi ini melibatkan beberapa pihak, misalnya: Nuance, Audience, GaoDe, Baidu dan Chinese Academy of Sciences.

Protokol 5A telah diluncurkan dan digunakan secara resmi di Beijing sebagai kode praktek umum pertama di industri ini.

Seperti disampaikan dalam keterangan resmi yang dikutip KompasTekno, Minggu (26/10/2014), berikut adalah lima prinsip utama dalam Protokol 5A:

  • Anyone (Siapapun) - Penyesuaian konfigurasi bagi pengguna;
  • Anyhow (Bagaimanapun) – Memberikan fungsi smart-control untuk pengguna;
  • Anytime (Kapanpun) - Dapat digunakan saat dibutuhkan dengan kondisi cuaca apapun ataupun pada situasi tertentu;
  • Anything (Apapun) - Menyertakan sepuluh juta istilah dalam bank data;
  • Anywhere (Di manapun) - Memungkinkan penggunaan di kondisi lingkungan dan situasi apapun.

Masa depan, menurut ZTE, ada di voice control. "Tetapi, pengunaan perangkat touchscreen kini sudah sangat tertanam sebagai kebiasaan para pengguna. Perubahan hanya akan muncul ketika teknologi voice control menjadi lebih praktis," ujar Adam Zeng Xuezhong, CEO ZTE Mobile Devices dan Excecutive Vice President ZTE Corporation.

Diharapkan, pada akhir 2014 seluruh proses pengenalan suara akan dirampungkan. Sehingga ponsel bisa dikendalikan sepenuhnya dengan suara sejak diaktifkan hingga saat menggunakan aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com