Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna XL Sudah Bisa Jajal 4G LTE

Kompas.com - 28/10/2014, 14:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler, PT XL Axiata Tbk hari ini, Selasa (28/10/2014) meluncurkan uji coba layanan internet 4G LTE untuk pelanggannya. XL memberi nama layanan internet kecepatan tinggi ini dengan sebutan Real Mobile 4G-LTE (Long Term Evolution).

"Peluncuran layanan mobile 4G-LTE ini menjadi kado yang istimewa di ulang tahun XL yang ke-18, semoga dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat," ujar Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa.

Sebagai tahap awal, pengguna XL bisa mencoba layanan internet 4G LTE secara gratis hanya di beberapa wilayah di Jakarta, yaitu di Xplor Center Mall Kota Casablanca, Mall Central Park, dan Mall Senayan City.

Secara bertahap, layanan internet kecepatan tinggi ini akan diperluas di beberapa wilayah lain di luar Jakarta.

Dalam menghadirkan layanan 4G-LTE, XL bekerjasama dengan penyedia jaringan Huawei dan Ericsson. XL mengklaim kecepatan layanan internet 4G-LTE-nya mencapai 100 Mbps.

Hasnul menambahkan, uji coba yang dilakukan XL itu sesuai dengan program National Broadband Indonesia yang menargetkan dalam lima tahun ke depan, masyarakat Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia menikmati 4G LTE.

Uji coba yang dilakukan hingga 15 Mei 2014 ini juga berguna untuk mendapatkan masukan dari sisi pengalaman pengguna. "Secara teknis bagus, namun kami belum mengetahui bagaimana dari sisi pelanggan," demikian ujar Hasnul.

Menkominfo Rudiantara yang turut hadir dalam peluncuran uji coba layanan 4G-LTE oleh XL secara pribadi menyambut baik. Bahkan, Menkominfo juga menantang operator lain untuk menyelenggarakan layanan 4G-LTE.

"Menkominfo mendukung uji coba teknologi oleh operator-operator, tapi harus dikoordinasikan dengan pemerintah, karena industri telko sangat regulated," demikian ujar Rudiantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com