Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Ponsel 4G Murah, XL Gandeng Vendor

Kompas.com - 28/10/2014, 16:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL telah menggelar uji coba layanan internet 4G LTE di Indonesia. Namun harus diakui bahwa regulasi dan ekosistem yang ada di Tanah Air saat ini belum mendukung hal tersebut.

Untuk itu, XL menggandeng sejumlah produsen perangkat mobile untuk menghadirkan perangkat yang mendukung teknologi koneksi 4G LTE.

"Selain memasyarakatkan layanan 4G LTE, XL juga ingin membangun ekosistemnya," ujar Presiden Direktur XL Axiata Tbk, Hasnul Suhaimi saat peresmian uji coba terbuka layanan 4G LTE di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Ekosistem yang dimaksud adalah penyediaan perangkat mobile (smartphone/tablet) yang mampu beroperasi di jaringan 4G LTE dan terjangkau oleh semua kalangan.

Vendor-vendor yang turut berkomitmen bersama XL antara lain adalah Sony Mobile, Intel Corporation, LG Mobile, HTC, Nokia (Microsoft), Huawei, Speedup, BlackBerry, dan Qualcomm.

Saat ditanya langsung oleh KompasTekno, berapa harga perangkat mobile 4G terjangkau yang diharapkan XL, Hasnul tak mau menjawab dengan tegas. "Kami menyerahkan semuanya (soal harga) ke vendor, namun harapan kami harganya bisa sekitar Rp 1 jutaan."

XL sendiri mengklaim nilai investasi yang dikeluarkan untuk melakukan uji coba layanan 4G LTE di Indonesia adalah bagian dari belanja modal perusahaan di tahun 2014, yang nilai keseluruhannya mencapai Rp 7 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com