Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencipta Android Hengkang dari Google

Kompas.com - 31/10/2014, 09:53 WIB
KOMPAS.com - Andy Rubin yang dikenal sebagai pencipta Android mengundurkan diri dari Google. Dilansir The Wall Street Journal dan dikutip KompasTekno, Jumat (31/10/2014), Rubin akan meninggalkan Google dan akan mendirikan perusahaan inkubator yang bergerak di bidang teknologi hardware.

Google sendiri telah mengonfirmasi kabar kepergian Andy melalui pernyataan dari CEO Google, Larry Page. "Saya berharap Andy mendapatkan yang terbaik ke depannya. Android yang diciptakannya benar-benar luar biasa - dengan satu miliar lebih pengguna yang senang. Terima kasih," ujar Larry.

Posisi yang ditinggalkan Rubin di divisi robotik Google untuk sementara akan dipegang oleh James Kuffner.

Yang menarik dari kepergian Rubin ini adalah apakah Google ikut berkontribusi ke perusahaan inkubator Bapak Android itu. Saat ditanya soal ini, juru bicara Google menolak untuk memberikan komentar.

Andy Rubin dilengserkan dari jabatan kepala sistem operasi Android pada awal tahun 2013. Ia diganti oleh Sundar Pichai yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden senior untuk Chrome dan aplikasi. Rubin selanjutnya diberi tugas mengerjakan proyek robot Google.

Sebelum membuat Android dan bergabung ke Google, Rubin pernah bekerja di Apple. Kemudian, ia membuat perusahaan perangkat hardware, Danger. Ia meninggalkan Danger setelah perusahaan itu dibeli Microsoft.

Bersama Rich Miner, Nick Sears dan Chris White, Rubin membangun perusahaan Android Inc pada Oktober 2003, yang fokus pada pengembangan sistem operasi mobile bersifat terbuka (open source). Google kemudian mengakuisisi Android senilai 50 juta dollar AS pada Agustus 2005.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com