Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Teknologi Tukar File antara Android dan iOS

Kompas.com - 03/11/2014, 12:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google dirumorkan sedang membuat metode transfer baru yang mempermudah transfer file antar-platform Android, iOS, dan Chrome. Proyek pembuatan sistem transfer lintas platform itu disebut dengan Co-Pressence.

Dengan sistem tersebut, nampaknya pengguna bisa saling terhubung melalui fitur Nearby yang juga sedang dikerjakan oleh Google. Fitur itu bisa dipakai untuk berinteraksi dengan perangkat lain yang berada di dekat pengguna saat itu.

Dengan Co-Presence, seperti dilansir Android Police (1/11/2014) dan dikutip KompasTekno, pengguna bisa dengan mudah mentransfer file, foto, pesan, petunjuk arah, atau konten lain antar-perangkat Android, iOS, dan Chrome.

Perangkat akan menggunakan data lokasi dan koneksi Bluetooth untuk saling terhubung, transfer file dilakukan melalui Wi-Fi atau Wi-Fi Direct. Untuk menggunakannya, pengguna juga tidak diharuskan untuk memiliki akun Google.

Selain fungsi bertukar informasi dan file, belum pasti apa fungsi lain yang bisa dilakukan oleh sistem tersebut di masa mendatang.

Co-Presence dijadwalkan segera hadir dalam beberapa minggu ke depan, namun baru berupa fitur yang terbatras dalam beberapa aplikasi saja, dan belum menjadi fitur yang menyebar luas di iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com