Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Nokia Siapkan Android Unggulan?

Kompas.com - 03/11/2014, 17:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Begitu banyak rumor yang mengatakan bahwa Nokia bakal kembali ke pasar smartphone dengan OS Android. Beberapa waktu lalu, Nokia mengatakan bahwa mereka akan berpikir untuk kembali ke pasar smartphone 10 tahun mendatang setelah merek "Nokia" tak lagi dimiliki oleh Microsoft.

Namun, rumor terbaru mengabarkan bahwa saat ini tim Nokia yang dahulu mendesain Nokia N9 sedang merancang smartphone premium baru yang akan berjalan dengan sistem operasi Android.

Dikabarkan oleh GSM Insider, Senin (3/11/2014), dan dikutip oleh KompasTekno, perangkat yang sedang dibangun oleh tim N9 tersebut akan menjadi smartphone model unggulan. Artinya, menggunakan spesifikasi paling tinggi yang bisa dibuat.

Nokia N9 yang dulu sempat menjadi andalan Nokia di kelas smartphone hiburan dan multimedia menjalankan sistem operasi MeeGo yang merupakan penyederhanaan dari Android. Nokia menambahkan dukungan kontrol gestur dalam sistem operasi tersebut untuk mempermudah navigasi.

Rumor terbaru ini bertolak belakang dengan pernyataan Nokia beberapa saat lalu yang mengatakan bahwa merek Nokia sangatlah penting bagi perusahaan, dan mereka baru akan terjun ke pasar smartphone kembali setelah merek itu bisa mereka gunakan lagi.

Saat ini, Microsoft masih memegang merek Nokia sebagai bagian dari kesepakatan pembelian divisi perangkat dan layanan milik perusahaan Finlandia itu. Microsoft memegang paten merek Nokia selama 10 tahun ke depan.

Namun, Nokia masih tetap bisa memproduksi smartphone melalui perusahaan perakit komponen lain, seperti Foxconn di Taiwan. Dengan demikian, Nokia belum benar-benar menghilang dari pasar smartphone.

Microsoft sendiri telah berencana menghapus logo atau merek Nokia dari perangkat Windows Phone Lumia di masa mendatang. Logo Nokia juga akan digantikan dengan logo Microsoft.

Nokia juga telah memiliki portfolio smartphone Android dengan Nokia X, Nokia XL, dan Nokia XL+. Smartphone tersebut menggunakan sistem operasi Android dengan tampilan antarmuka kotak-kotak yang menyerupai Windows Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com