Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Stop Pasokan Windows 7 untuk Produsen

Kompas.com - 04/11/2014, 08:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft secara resmi menghentikan pasokan sistem operasi Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Ultimate kepada para produsen notebook, PC, dan penyedia sistem lainnya.

Penghentian suplai OS Windows 7 untuk para OEMs (original equipment manufacturers) itu berlaku sejak akhir Oktober lalu, Jumat (31/10/2014).

Dengan demikian, konsumen sudah tidak bisa lagi membeli PC, notebook, atau sistem dengan sistem operasi Windows 7 baru bawaan pabrik. Mereka hanya bisa membeli barang yang persediaannya masih ada.

Dilansir oleh VentureBeat (31/10/2014) dan dikutip KompasTekno, satu-satunya yang masih didukung oleh Microsoft adalah versi Windows 7 Professional yang masih akan dijual setidaknya selama satu tahun mendatang.

Dengan penghentian pasokan OS Windows 7 kepada para OEM, Microsoft kini fokus kepada pengembangan WIndows 10.

Windows 7 saat ini menjadi sistem operasi favorit setelah WIndows XP. Bahkan pertumbuhan penggunanya tidak bisa dikejar lagi oleh penerusnya, Windows 8.

Menurut data Net Market Share, hingga bulan Maret lalu pangsa pasarnya telah mencapai 48,77 persen. Sementara pengguna Windows 8 dan Windows 8.1 hanya sekitar 11,3 persen.

Windows XP yang telah dipensiunkan Microsoft pangsa pasarnya kian menurun menyisakan pengguna sekitar 26,69 persen.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa lebih banyak pengguna yang beralih dari XP ke Windows 7, bukannya ke Windows 8 atau 8.1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com