Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Investasi Demi TV Pintar

Kompas.com - 05/11/2014, 12:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal Tiongkok mengembangkan layanannya dengan memproduksi perangkat TV pintar. Untuk mengembangkan ekosistem TV pintar itu, Xiaomi akan berinvestasi sebesar 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 12 triliun).

Kepastian tersebut didapat dari halaman Weibo resmi milik Xiaomi, seperti dikutip oleh KompasTekno dari situs Tech Crunch (5/11/2014).

Menurut Xiaomi, ekosistem TV pintar yang dikembangkan berupa konten video online itu akan menjadi investasi yang berharga. Dua pejabat Xiaomi saat ini, Cheng Ton dan Wang Chuan, merupakan dua orang yang berpengalaman dalam hal membangun konten online.

Cheng Ton adalah mantan Editor in Chief portal berita Tiongkok, Sina.com, sementara Wang Chuan adalah direktur produk Smart TV Xiaomi, termasuk Mi TV dan Mi Box.

Proyek TV pintar Xiaomi sendiri telah dimulai pada September 2013 lalu sebagai bagian dari upaya membangun ekosistem hardware bagi software MIUI. Diharapkan, MIUI bisa menjadi penghubung antara smartphone dan TV pintarnya.

Dengan demikian, maka Xiaomi perlu membuat ekosistem berupa software dan konten online, termasuk video online, yang bisa dipakai sebagai kendaraan untuk mencari pendapatan.

Pasar TV pintar di Tiongkok sendiri saat ini berkembang sangat pesat. Menurut Digital TV Research, Tiongkok kini menjadi konsumen konten TV pintar dan OTT (over-the-top) terbesar di dunia, dengan angka penjualan 20 hingga 30 juta unit per tahun.

TV pintar Xiaomi kini bersaing dengan kompetitor lokalnya, Baidu dan Alibaba, selain tentunya TV pintar milik Samsung dan Apple.

Belum ada kepastian apakah Xiaomi juga akan menjual perangkat TV pintarnya itu di luar Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com