Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Line Bikin Lanjutan Film "Ada Apa Dengan Cinta"

Kompas.com - 06/11/2014, 17:13 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir 12 tahun berlalu sejak kisah percintaan remaja serta persahabatan yang dijalin lewat film "Ada Apa Dengan Cinta" (AADC) menyapa penonton di layar bioskop, kini bisa mengintip kelanjutan kisah mereka dalam bentuk drama mini di layar televisi mulai hari Jumat (7/11/2014).

Drama mini ini tak lain adalah seri iklan televisi yang dibuat oleh layanan sosial Line untuk mempromosikan fitur terbaru "Find Alumni".

Puncak dari film AADC adalah perpisahan antara tokoh Cinta yang diperankan Dian Sastrowardoyo dengan tokoh Rangga yang dimainkan Nicholas Saputra di bandara. Rangga saat itu hendak melanjutkan sekolahnya ke Amerika Serikat.

Dari sanalah kemudian kisah dari lanjutan ini bermula, meneruskan kisah dari dua anak manusia ini 12 tahun kemudian. Rangga yang bekerja sebagai jurnalis di New York, Amerika Serikat, dan Cinta yang bekerja di sebuah majalah di Indonesia. Tidak ketinggalan pula para sahabat
yakni Alya yang diperankan Ladya Cherill, Carmen yang dimainkan Adinia Wirasti, Maura yang dimainkan Titi Kamal, dan Milly yang diperankan Sissy Priscillia, semua telah beranjak dewasa dan melanjutkan hidup.

Rangga yang mendapat penugasan ke Indonesia tiba-tiba teringat akan kisahnya bersama Cinta. Menggunakan fitur "Find Alumni", dia memasukkan nama sekolah menengah atas tempat mereka belajar dan mendapati nama Cinta di sana. Dia pun segera menghubungi dengan pesan
pertama yang serba canggung: "Cinta?"

Dari sanalah drama mini lantas bergulir. Mereka yang pernah menonton film akan mendapatkan suasana yang akrab, terlebih dari kilasan-kilasan masa lalu yang diambil dari adegan film.

Meskipun sudah 12 tahun berlalu, Cinta, Rangga, Alya, Carmen, Maura, dan Milly tetap mengingatkan para penonton mengenai pesona dari film yang saat itu disutradarai oleh Rudi Soedjarwo.

Terdaftar

Pembuatan film tersebut memang dimaksudkan untuk memperkenalkan fitur terbaru dari Line yakni Find Alumni atau mencari pengguna Line yang memiliki sekolah dan angkatan yang sama. Fitur ini tidak perlu diunduh karena sudah otomatis ada di bagian pengaturan.

Pengguna cukup memilih empat pilihan yakni sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi.

Kemudian, mereka mencantumkan nama sekolah dan tahun angkatan. Dari sana Line lantas mencari akun-akun pengguna untuk kemudian saling terhubung.

Sewaktu dicoba, sedikit muncul kesulitan mendapatkan nama sekolah yang diinginkan terlebih bila namanya tidak terlalu terkenal dan tidak berada di kota besar. Namun, pengguna bisa menambahkan sendiri agar di masa mendatang ada pengguna lain dari sekolah yang sama bisa
mencarinya.

Galuh Candrakirana, Team Leader of Marketing Line Indonesia, mengungkapkan bahwa data sekolah yang mereka unggah berdasarkan dari kementerian pendidikan meliputi 115.000 sekolah dasar, 37.000 sekolah menengah pertama, 23.000 sekolah menengah atas, dan 5.200 perguruan tinggi. Tidak menutup kemungkinan, ada sekolah yang belum tercantum
dalam daftar yang diunggah oleh Line.

Filosofi dari fitur terbaru ini, lanjutnya, adalah menghubungkan kembali pengguna dengan teman-teman masa sekolah bila mereka sama-sama menggunakan Line. Peluang tersebut terbuka lebar dengan jumlah pengguna layanan mencapai 170 juta pengguna.

"Melalui film AADC dan para karakter, kami ingin mengingatkan para pengguna dengan masa-masa terindah mereka saat bersekolah. Di sana ada sahabat karib dan mungkin cinta di masa lalu," ujar Galuh.

Penasaran dengan apa yang terjadi antara Cinta dan Rangga? Simak video di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com