Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malware "WireLurker" Serang Produk Apple

Kompas.com - 06/11/2014, 17:24 WIB
Malware baru yang menargetkan produk Apple sebagian besar mempengaruhi para pemakai di Cina, demikian peringatan yang disampaikan seorang peneliti pada perusahaan keamanan online.

Palo Alto Networks yang bermarkas di Amerika Serikat menyatakan "WireLurker" yang mempengaruhi komputer Apple dan sistem aplikasi telepon genggam sepertinya berasal dari Cina dan terutama mempengaruhi peralatan di negara tersebut.

Malware menyebar lewat aplikasi yang diunggah dari pihak ketiga dan dapat mencuri informasi.

Lebih dari 400 aplikasi yang terinfeksi telah diunggah sebanyak lebih dari 350.000 kali.

"WireLurker berbeda dengan apa yang pernah kita saksikan sebelumnya terkait dengan malware Apple iOS dan sistem operasi OS X," kata Ryan Olson, direktur intelijen perusahaan itu.

"Teknik yang digunakan mengisyaratkan adanya pemain jahat yang semakin canggih dalam menyalahgunakan desktop dan platform telepon genggam paling terkenal dunia."

WireLurker mampu memindahkan data komputer Mac Apple ke telepon genggam dengan menggunakan kabel USB.

Malware ini dapat mencuri "berbagai jenis informasi" dari telepon genggam yang terinfeksi dan secara teratur meminta pembaruan atau update dari server kontrol penyerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com