Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hard Disk" WD untuk Sistem Keamanan

Kompas.com - 08/11/2014, 15:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Produsen peranti penyimpanan (hard disk), Western Digital memperkenalkan lini baru hard disk WD Purple yang ditujukan untuk menyimpan video resolusi tinggi dalam sistem keamanan (video surveillance). Varian cakram WD Purple ukuran 3,5 inci tersebut tersedia dalam kapasitas 1 hingga 6 Terabyte (TB).

WD Purple dirancang sedemikian rupa sehingga menurut Western Digital, hard disk tersebut bisa bekerja terus menerus merekam video kualtas HD dan bisa terhubung dengan maksimal 32 kamera.

Langkah WD dalam meluncurkan WD Purple tersebut sejalan dengan tren Internet of Things (IoT) di mana semakin banyak perangkat yang terhubung dan kebutuhan penyimpanan dalam ekosistem yang semakin tinggi.

"Internet of Things telah memunculkan banyak aplikasi pengawasan video, di mana kamera video dengan bit rate dan resolusi tinggi terhubung dengan banyak perangkat lain dan memberikan data dalam jumlah besar yang bisa dianalisa," demikian ujar Matt Rutledge, General Manager Storage Technology Group WD dalam pernyataan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (31/10/2014).

Western Digital mengintegrasikan teknologi AllFrame dalam WD Purple untuk menjamin realibilitas hard disk saat dipasang di sistem keamanan kelas rumah atau UKM.

Teknologi AllFrame ini diklaim memiliki keuntungan seperti mengurangi risiko frame loss, dirancang secara spesifik untuk sistem keamanan pengawasan, algoritma caching yang sesuai dengan aplikasi pengawasan, dan mendukung hingga delapan drive yang disusun bersamaan utnuk meningkatkan kapasitas.

Fitur lain yang diberikan oleh WD adalah upgrade firmware yang bekerja dengan fitur ATA streaming untuk mengurangi error dan interupsi pada video yang sering terjadi saat hard disk desktop digunakan secara tidak tepat dalam sistem keamanan.

WD Purple tersedia di Indonesia dalam kapasitas dari 1 TB hingga 6 TB dan memiliki garansi terbatas selama tiga tahun. Harga yang disarankan (MSRP) untuk drive 3,5 inci kapasitas  6 TB adalah Rp 4,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com