Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moto G Jadi yang Pertama Cicipi Android Lollipop

Kompas.com - 12/11/2014, 14:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Motorola Moto G dikabarkan telah mendapatkan update sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Dengan demikian, Moto G menjadi perangkat smartphone Android pertama yang mencicipi sistem operasi terbaru dari Google ini.

Dilansir ArsTechnica pada Rabu (12/11/2014), pengguna Motorola Moto G versi unlocked di Amerika Serikat sudah bisa mengunduh pembaruan Android 5.0 Lollipop sebesar 386,7 MB.

Sebelumnya, dua model smartphone lain, Moto X dan LG G3 juga dikabarkan bakal segera mendapatkan Android 5.0 Lollipop, namun keduanya saat ini masih dalam tahap pengujian.

Motorola Moto G sendiri selama ini dikenal memiliki versi Android "stock" yang bersih dari aplikasi sampah (bloatware). Karena itu, update yang diberikan oleh Motorola fokus kepada hal-hal yang juga akan hadir dalam semua perangkat smartphone seri Moto, serta Nexus (diproduksi oleh Motorola juga).

Fitur-fitur yang menyertai Android 5.0 tersebut meliputi antarmuka baru "Material Design," notifikasi di layar kunci (lockscreen), dukungan multi-user, serta software peningkatan daya tahan baterai yang disebut dengan "Project Volta."

Namun perlu diketahui, update Android 5.0 Lollipop baru tersedia untuk perangkat Motorola Moto G generasi kedua. Walau memiliki hardware yang identik, namun Moto G generasi pertama yang dirilis 2013 belum bisa diperbarui ke Lollipop.

Setelah Moto G ini, diperkirakan update-update Lollipop untuk perangkat seri Moto dan keluarga Nexus lainnya akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com