DJI Inspire One, "Drone" 4K Berkaki Lipat - Kompas.com

DJI Inspire One, "Drone" 4K Berkaki Lipat

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 13/11/2014, 12:00 WIB
Cnet
Drone DJI Inspire One
KOMPAS.com - Perusahaan pembuat wahana tanpa awak DJI Innovations meluncurkan varian drone terbaru yang diberi nama Inspire One. Peluncuran wahana terbang tanpa awak itu dilakukan pada Rabu (12/11/2014) yang disiarkan langsung melalui situs YouTube.

DJI Inspire One adalah quadcopter ( drone dengan empat baling-baling) penerus Phantom Vision+ yang sebelumnya telah diluncurkan awal tahun ini. Inspire One dilengkapi dengan kamera yang mampu merekam video dalam resolusi 4K 30 fps (60 fps dalam resolusi 1080p), serta foto dengan resolusi 12 megapiksel.

Uniknya, keempat "kaki" drone bisa dilipat di udara setelah drone take off. Hal itu memberikan kamera Inspire One mampu merekam video pemandangan 360 derajat tanpa halangan. Selain bisa diputar 360 derajat, kamera Inspire One juga bisa ditekuk 125 derajat.

Sama dengan Vision+, kamera yang terpasang di bagian bawah drone terhubung dengan gimbal tiga sumbu yang diklaim bisa membantu merekam video dengan lebih smooth, bahkan saat drone diterpa angin kencang.

Remote control yang dimiliki Inspire One juga memiliki kendali untuk menggerakkan kamera. Kontroler tersebut juga memiliki teknologi transmitter nirkabel Lightbridge yang bisa mengalirkan video 1080p ke perangkat Android atau iOS sejauh 1,7 kilometer.

Konektor yang disediakan dalam Inspire One adalah USB dan output HDMI. Dengan konektor tersebut, pengguna bisa menghubungkan smartphone, tablet, atau layar monitor dengan unit drone.

Dari segi keamanan, DJI kini membuat fitur return-to-home menjadi lebih dinamis, sehingga drone bukan lagi kembali di tempat dimana diluncurkan, melainkan ke posisi pengendalinya.

Dalam sekali isi ulang, baterai kapasitas 4500 mAh yang dimiliki hanya bisa bertahan selama 18 menit. DJI Inspire One dijual dengan harga retail 2.800 dollar AS.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
SumberCNET,
Komentar
Close Ads X