Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mematikan Fitur "Read" di WhatsApp Android

Kompas.com - 17/11/2014, 09:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp secara diam-diam mengeluarkan pembaruan aplikasi yang menyertakan pilihan penonaktifan fitur "Read" alias notifikasi keterbacaan pesan. Namun, opsi untuk mematikan fitur yang ditandai dengan tanda centang ganda berwarna biru tersebut baru tersedia untuk perangkat Android.

Menurut pantauan KompasTekno, Senin (17/11/2014), file pembaruan tersebut harus diunduh dari situs resmi WhatsApp, belum tersedia di toko aplikasi Google Play Store.

Pengguna Android harus mengunduh file pembaruannya di  situs web WhatsApp yang beralamat http://ww.whatsapp.com/download atau mengunduh versi WhatsApp 2.11.444 tersebut langsung dari tautan ini.

Untuk mematikan fitur "Read", pengguna Android bisa mengakses menu "Settings > Account > Privacy" kemudian hilangkan tanda centang di opsi 'Read receipts'.

Update ini akan dikabarkan akan resmi tersedia pertama kali untuk Android 5.0 Lollipop baru kemudian disebar toko aplikasi platform lainnya dalam beberapa minggu ke depan.

Fitur "Read Receipt" ini baru diluncurkan pada minggu lalu. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengetahui pesan yang dikirimnya sudah dibaca atau belum. WhatsApp akan memberikan tanda centang biru ganda untuk pesan pengirim yang sudah dibaca penerima.

Fitur yang sebenarnya berguna itu ternyata tak sepenuhnya direspons positif oleh pengguna WhatsApp. Cukup banyak pengguna menyayangkan kehadiran fitur yang sudah sejak lama dimiliki BlackBerry Messenger di WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com