Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flash, Sang Pengganggu di Dunia Masa Kini

Kompas.com - 17/11/2014, 14:31 WIB
Penulis: Adi Rusli

KOMPAS.com - Dari sudut pandang adopsi teknologi, tekanan untuk bergerak cepat, dan secara bersamaan juga berinovasi dan melakukan eksekusi tidak pernah sebesar ini.

Salah satu tren yang berpengaruh dalam mentransformasikan TI adalah Selular – penggunaan smartphone, komputer tablet dan bentuk baru dari PC hingga mengakses beragam aplikasi dan informasi dari mana pun. Selular semakin memainkan peran kunci dalam mendorong perjalanan menuju platform TI generasi ketiga.

Tren selular sudah memasuki kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari gaya hidup kita –  kebiasaan unik, pilihan dan harapan kita yang terkadang tidak kita sadari.

Kebiasaan: Suatu hari Anda mungkin memutuskan untuk berbelanja lebih awal atau melakukan transaksi perbankan melalui smartphone di saat Anda sedang berada dalam perjalanan.

Pilihan: Ini adalah tentang mengetahui bagaimana Anda menginginkan berita Anda dikirimkan dan mengapa Anda selalu pergi ke satu toko tertentu terlebih dulu untuk berbelanja, menemukan dan membeli pakaian yang pantas untuk pergi ke acara spesial.

Harapan: Ini adalah mengharapkan akses cepat ke informasi yang benar untuk membantu  Anda mengatur segala kebutuhan penting Anda mulai dari keuangan hingga kesehatan Anda atau tetap terhubung dengan teman-teman Anda.

Teknologi menakjubkan yang nyaris tak terlihat ini ada dalam kehidupan milyaran orang di seluruh dunia mulai dari saat mereka bangun tidur.

Teknologi flash merupakan teknologi inti yang terlahir dalam dunia konsumen, dan telah tumbuh secara cepat – serta semakin terjangkau – dan sekarang menjadi sebuah elemen strategis dari data center generasi selanjutnya.

Flash membuka jendela unik ke dunia kita sendiri, dan untuk beberapa orang, flash menjadi bagian hidup sebagai teman setia yang menemani mereka berlari, tidur, bangun, berbicara, makan, duduk dan berjalan. Flash membangun gaya hidup mobile saat ini.

Apa yang membuat flash begitu spesial?

Flash memberikan akses data yang sebelumnya belum pernah ada untuk data random dan data yang berurutan, memberikan jumlah aplikasi yang lebih unggul dan kinerja response time untuk dunia virtual.

Flash adalah teknologi semi konduktor, yang tidak memiliki bagian mekanik.

Flash mengkonsumsi daya yang lebih sedikit, karena tidak ada disk yang diputar dan tidak ada bagian mekanik untuk digerakkan dan membutuhkan sedikit pendinginan, membantu mengurangi beban pajak pada data center.

Teknologi penyimpanan flash adalah salah satu disruptor  teknologi terbesar dalam sejarah komputasi – baik kelas konsumen maupun flash kelas perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com