Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Password" Milik "Hacker" Top Ternyata Gampang Ditebak

Kompas.com - 18/11/2014, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi pencurian data di Internet

KOMPAS.com — Jeremy Hammond adalah hacker beken yang mampu meretas situs-situs Pemerintah AS dan sempat menjadi buronan cyber paling dicari oleh FBI.

Dengan kemampunnya membobol tembok-tembok keamanan cyber yang dibangun, mungkin tidak ada yang menyangka bahwa Hammond hanya mengandalkan sebuah password yang gampang ditebak untuk melindungi data di komputernya.

"Password saya sangat lemah," kata Hammond, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Associated Press, Senin (17/11/2014). "(Yaitu) Chewy 123."

Chewy, lanjut Hammond, adalah kucing milik dia. Nama binatang peliharaan itu dipakai sebagai password untuk melindungi data-data rahasia yang dienkripsi di dalam sebuah komputer Mac.

Komputer tersebut disita oleh aparat keamanan yang mencokok Hammond di rumahnya, 2012 silam.

Hammond tak tahu pasti bagaimana para petugas mengakses data rahasia di komputer, yang kemudian digunakan sebagai bukti di pengadilan. Namun, dia menduga bahwa password lemah itulah yang menyediakan jalan masuk.

Hammond sendiri adalah peretas yang dikenal anti-pemerintah dan kerap terlibat dalam kegiatan hacking bermotif politik. Pria 29 tahun yang juga terlibat dalam grup hacker Anonymous ini dilacak oleh FBI dengan bantuan hacker terkenal lain bernama Hector Xavier Monsegur alias "Sabu".

Dia kemudian dijatuhi hukuman penjara 10 tahun. Durasi hukuman penjara ini termasuk paling lama yang pernah dikenakan ke hacker yang ditangkap di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com