Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zuckerberg Siapkan "Facebook yang Boleh Dibuka di Kantor"

Kompas.com - 18/11/2014, 09:54 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Banyak perusahaan yang melarang penggunaan Facebook pada jam kerja. Tak lama lagi, kebijakan tersebut kemungkinan bakal diubah.

Jejaring sosial milik Mark Zuckerbeg ini dikabarkan siap meluncurkan Facebook yang ramah untuk perusahaan dan pekerja. Layanan tersebut saat ini diberi nama Facebook at Work.

Fitur yang disertakan di dalamya termasuk fitur News Feed, kemampuan chat dengan sesama rekan kerja, terhubung dengan kontak para profesional, dan fitur kolaborasi dokumen yang bisa diakses bersama-sama.

Dengan menawarkan kemampuan kolaborasi dokumen tersebut, nampaknya Facebook juga akan bersaing dengan Google Docs, Box, dan Dropbox.

Karena itu, Facebook harus bisa meyakinkan penggunanya bahwa dokumen yang diunggah ke Facebook at Work itu aman. Sebab selama ini Facebook dikenal selalu "mengendus" perilaku penggunanya untuk menampilkan iklan yang terkait di News Feed.

Facebook merancang layanan baru untuk menyaingi LinkedIn dengan membuat halaman profil pengguna yang khusus digunakan untuk semua hal yang terkait dengan pekerjaan mereka.

Sama dengan LinkedIn, Facebook at Work nantinya akan menampilkan profil profesional pengguna, alih-alih profil pribadi. Dikutip KompasTekno dari Financial Times, Senin (17/11/2014), halaman tersebut tetap akan memiliki tampilan layaknya Facebook.

Para karyawan Facebook dilaporkan telah menggunakan layanan tersebut cukup lama, dan Facebook kini mengujinya dengan beberapa perusahaan yang dipilih.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Facebook terkait layanan barunya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com