Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Launcher" Android ala Nokia Tersedia di Play Store

Kompas.com - 20/11/2014, 13:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Bersama dengan kedatangan tablet N1, Nokia turut merilis "launcher" Android buatannya, Z Launcher. Pengguna Android dengan perangkat yang kompatibel kini bisa mengunduhnya lewat toko aplikasi Play Store.

Z Launcher sebenarnya sudah ada sejak Juni lalu dalam bentuk program versi "alpha", tapi ketika itu distribusinya dibatasi di kalangan tertentu saja untuk keperluan penguijian.

Untuk saat ini versi Z Launcher yang beredar di Play Store baru mendukung OS Android 4.1 hingga 4.4, bukan Android 5.0 Lollipop. Jenis perangkat yang didukung penuh pun masih terbatas pada Nexus 5 dan Samsung Galaxy S3, S4, dan S5.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Android Authority, Rabu (19/11/2014), keunikan Z Launcher dibandingkan program launcher Android lain terletak pada prinsipnya yang menyederhanakan tampilan layar home screen.

Aplikasi dan fitur yang paling sering dipakai akan ditampilkan secara otomatis lewat rekomendasi di layar utama. Semakin sering pengguna memakai perangkat, semakin "pintar" pula Z Launcher dalam memberikan rekomendasi.

Ada juga fitur "Scribble" di mana pengguna bisa mencari aplikasi dengan menulis huruf-huruf pertama dari aplikasi bersangkutan di layar menggunakan gerakan jari.

Menulis huruf "G", misalnya, akan menampilkan daftar aplikasi yang namanya dimulai dengan huruf tersebut. Menambahkan dua huruf "oo" akan menyaring nama aplikasi lebih lanjut, sehingga hanya menampilkan software yang dimulai dengan kata "Goo" seperti misalnya aplikasi-aplikasi Google.

Seperti apa tepatnya? Simak aksi Z Launcher dalam video berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com