Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beragam Ide dan Aplikasi Jadi Juara di Indosat IWIC 8

Kompas.com - 21/11/2014, 08:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah berjalan selama lebih dari 5 bulan, ajang kompetisi entrepreneur berbasis teknologi Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 8 telah melewati tahapan akhir. Sebanyak 23 pemenang dari 3 kategori diumumkan dalam acara puncak di Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Ketiga kategori tersebut adalah "Ideas" atau ide teknologi dalam bentuk konsep yang bisa diterapkan, "Apps" atau aplikasi dalam bentuk jadi, serta kategori khusus bernama "Ideas for Disable" atau konsep teknologi terapan untuk membantu kaum difabel.

Kategori Ideas dan Apps terbagi lagi dalam tiga subkategori. Para juara pertama, kedua, dan ketiga dari tiap-tiap subkategori diganjar hadiah uang mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 20 juta ditambah dengan gadget.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Alex Rusli yang hadir dalam acara itu mengatakan, pihaknya berharap kompetisi IWIC yang telah memasuki tahun ke-8 penyelenggaraan bisa mendorong tumbuh kembang technopreneurship atau wirausaha berbasis teknologi di Indonesia.

"Para peserta dari awal memang kami arahkan untuk masuk program inkubasi Ideabox. Harapannya, hal ini bisa membantu mengkristalisasi gagasan-gagasan yang dimiliki oleh kaum muda sehingga kita bisa menjadi tuan di negeri sendiri," kata Alex ketika ditemui Kompas Tekno seusai acara pengumuman pemenang IWIC 8.

Alex menilai bahwa masyarakat di Indonesia sebenarnya tidak kekurangan ide untuk penerapan teknologi dalam wirausaha. Hanya saja, lanjut dia, ekosistem digital di Indonesia belum matang hingga bibit technopreneur yang disemai harus dibantu agar terus berkembang. Inisiatif inilah yang coba dilakukan pihaknya melalui kompetisi IWIC.

"Mereka harus dididik agar bisa membangun bisnis dari produk teknologinya," imbuh Alex.

Para finalis IWIC sendiri menyajikan aneka ragam konsep aplikasi dan teknologi, mulai dari game, aplikasi untuk konser musik, hingga sepatu yang bisa membantu tunanetra berjalan kaki dengan cara terhubung dengan smartphone. Secara keseluruhan, IWIC 8 mengumpulkan lebih dari 1.700 karya yang disaring menjadi 23 pemenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com