Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi "Bebas Ngelag" AMD Disuntik ke Monitor Samsung

Kompas.com - 21/11/2014, 10:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - AMD mengumumkan kerja sama dengan produsen monitor asal Korea Selatan, Samsung di ajang "Future of Compute" yang digelar di Singapura, Kamis (20/11/2014).

Melalui kerja sama tersebut, Samsung akan mengadopsi teknologi FreeSync yang dikembangkan oleh AMD ke dalam lini monitor Ultra High Definition (UHD) mereka yang akan diluncurkan pada kuartal pertama 2015.

Dengan demikian, Samsung akan menjadi produsen monitor pertama yang mengusung teknologi AMD FreeSync dalam produk-produknya.

"Kami senang bisa mengadopsi teknologi FreeSync ke dalam rangkaian monitor UHD Samsung yang akan diproduksi tahun 2015, karena mendukung open standard," ujar Joe Chan, VP Samsung Electronics Southeast Asia saat memberikan sambutannya.

"Dengan teknologi tersebut, kami percaya pengguna, khususnya gamer akan bisa menikmati game dan video yang lebih halus lagi tanpa efek stuttering atau tearing dalam monitor," demikian imbuh Chan.

Rencananya, Samsung Electronics akan menanamkan teknologi FreeSync dalam monitor seri Samsung UD590 (model 23,6 inci dan 28 inci) dan seri UE850 (model 23,6, 27, dan 31,5 inci).

Tentang FreeSync

FreeSync adalah teknologi video yang dikembangkan AMD untuk mengatasi dua masalah yang sering dikeluhkan gamer, yaitu stuttering dan tearing dalam tampilan grafis video karena refresh rate antara kartu grafis dan monitor tidak sinkron.

Selain tidak nyaman di mata, dua masalah tersebut juga menyebabkan input mouse kurang responsif, seperti yang disampaikan oleh Richard Huddy, Chief Gaming Scientist AMD di hadapan bloger dan awak media yang menghadiri ajang Future of Compute.

FreeSync akan memberikan sinkronisasi terhadap refresh rate antara kartu grafis AMD Radeon,  APU dan monitor secara dinamis. Hal tersebut diklaim AMD bisa mereduksi latensi input dan cacat visual selama bermain game (terlebih genre First Person Shooter, seperti Battlefield) dan pemutaran video kualitas HD.

AMD sendiri bukan satu-satunya yang mengembangkan teknologi refresh rate yang dinamis ini. Pesaingnya, Nvidia juga telah mengumumkan teknologi Nvidia G-Sync untuk mengatasi kendala yang sama.

Namun menurut AMD, FreeSync memiliki keunggulan dibanding G-Sync karena teknologi tersebut menganut sistem open standard, siapa pun boleh mengadopsinya secara gratis.

Karena bisa dipakai secara gratis, AMD juga mengklaim bahwa monitor dengan FreeSync akan lebih murah di pasaran dibanding rivalnya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com