Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Rio Disiapkan Jadi Penerus Z30?

Kompas.com - 21/11/2014, 15:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Crackberry
BlackBerry Z30 yang diduga akan diteruskan oleh perangkat baru bernama "Rio"

KOMPAS.com - BlackBerry sedang getol “kembali ke akar” dengan menelurkan ponsel dengan keyboard QWERTY seperti Passport dan Classic yang akan segera diumumkan secara resmi Desember mendatang.

Namun, pabrikan asal Kanada tersebut agaknya masih melirik faktor bentuk touchscreen yang mengandalkan layar sentuh sebagai sarana input.

Sebuah kabar terbaru yang dikutip Kompas Tekno dari CrackBerry, Jumat (21/11/2014), menyebutkan bahwa BlackBerry tengah mengembangkan smartphone andalan baru bernama “Rio”.

Ponsel ini disebut merupakan perangkat touchscreen kelas atas yang bakal menjadi penerus BlackBerry Z30, flagship sebelumnya yang dibekali layar sentuh.

Di samping faktor bentuk dan namanya, belum ada informasi lain yang diketahui tentang Rio. Rancang bentuk dan spesifikasinya pun masih misterius.

BlackBerry diketahui memang memasarkan ponsel full-touchscreen di samping model-model “tradisional” yang  memiliki payar berbentuk persegi dan keyboard QWERTY.

Kehadiran ponsel full-touchscreen BlackBerry diawali dengan BlackBerry Z10 yang sekaligus menjadi perangkat berbasis BlackBerry OS 10 pertama pada Januari tahun lalu.

Perangkat touchscreen terakhir dari BlackBerry adalah Z3 alias “Jakarta” yang dirancang khusus untuk pasar negara-negara berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crackberry
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com