Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform M2M Telkomsel Bidik Tiga Industri

Kompas.com - 23/11/2014, 11:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Layanan machine-to-machine (M2M) Telkomsel diluncurkan pada Rabu, 19 November 2014. Solusi ini menyediakan fleksibilitas control system untuk solution provider maupun untuk pelanggan korporasi.

"Segmen korporasi merupakan segmen yang perlu didukung perkembangannya di Indonesia karena efek multiplier yang akan ditimbulkan bagi lingkungannya," kata Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (23/11/2014).

Telkomsel mengatakan siap membidik tiga industri vertikal utama untuk layanan M2M ini, yaitu: otomotif, keuangan dan utilitas.

Namun, dengan menggandeng partner Telkomsel mengatakan juga akan membidik segmen industri lainnya. Bahkan, berusaha memenuhi kebutuhan segmen pelanggan lainnya seperti perorangan atau retail.

Beberapa contoh aplikasi M2M termasuk Branchless Banking, Driving Analytics, Fleet Tracking Management, Home Automation, m-POS, Sales Force Automation, Smart Metering (untuk agrikultur, gas & air), dan Usage Based Auto Insurance (UBI).

Layanan M2M ini disebut didukung oleh jaringan 83.000 Base Tranceiver Station (BTS) dan Kartu SIM khusus yang telah diuji pada kondisi yang sangat ekstrim, yaitu di suhu minus 40 derajat Celcius sampai 105 derajat Celcius.

Saat meluncurkan layanan tersebut, Telkomsel juga menandatangani kesepakatan dengan beberapa pihak, termasuk: Bank Rakyat Indonesia, LIPI, PINS Indonesia, Ghuroba Madani, FEC Solution, Astra International dan Asuransi Astra.

"Ke depannya kami berharap layanan M2M kami akan dapat diimplementasikan pada Smart City Platform yang rencananya akan digelar di berbagai kota di Indonesia," sebut Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com