Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Xiaomi Kalahkan Apple dan Samsung

Kompas.com - 24/11/2014, 15:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Kantor Xiaomi

KOMPAS.com - Xiaomi sedang naik daun. Pabrikan gadget asal Tiongkok ini beberapa waktu lalu sempat dinobatkan sebagai produsen smartphone terbesar ketiga untuk kuartal ketiga 2014 oleh lembaga riset IDC.

Xiaomi pun bertekad bakal mengalahkan Apple dan Samsung untuk menjadi pabrikan ponsel pintar terbesar di dunia.

"India menjadi pasar luar negeri terbesar buat kami. Dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun ke depan, kami punya peluang untuk menjadi perusahaan smartphone nomor satu," ujar Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun ketika berbicara di Konferensi Internet Tiongkok, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari The Inquirer, Senin (24/11/2014).

Jun menambahkan bahwa pihaknya memproyeksikan pertumbuhan jumlah pengguna Xiaomi sebanyak tiga kali lipat pada tahun depan, mencapai angka 200 juta. Baru tiga tahun lalu, lanjut dia, Xiaomi bukan siapa-siapa di industri mobile. "Tapi kemudian (Xiaomi) menjadi pemain ketiga terbesar."

Meski demikian, Xiaomi masih menghadapi tantangan berat jika ingin mengalahkan Apple dan Samsung. Pangsa pasar global perusahaan ini yang sebesar 6 persen masih jauh di bawah Apple (12 persen), apalagi Samsung yang menguasai 25 persen pangsa pasar.

Ada juga potensi konflik hukum jika Xiaomi bergerak ke luar pasar negara berkembang karena banyak pihak menilai rancangan produk pabrikan ini memiliki kemiripan dengan gadget bikinan Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com