Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Pictures Diretas dan Diperas

Kompas.com - 25/11/2014, 08:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Semua komputer yang ada di perusahaan distribusi film, Sony Pictures, dilaporkan telah diretas pada dini hari tadi. Sebuah thread di situs Reddit mengatakan, semua komputer di perusahaan yang memproduksi film Amazing Spiderman itu offline.

Menurut pengakuan salah satu karyawan Sony Pictures di situs Reddit, layar komputer semua karyawan menampilkan foto dengan tulisan "hacked by #GOP", dan peretas tersebut menuntut agar permintaan mereka dipenuhi, tanpa merinci permintaan yang dimaksud.

Jika Sony Pictures tidak memenuhi permintaan mereka dalam jangka waktu yang ditetapkan, hingga 24 September pukul 11.00 GMT, para peretas tersebut akan menyebarkan dokumen-dokumen penting perusahaan, seperti laporan keuangan dan password server.

Dikutip KompasTekno dari situs The Next Web, Selasa (25/11/2014), seorang sumber dalam dari Sony Pictures yang tidak mau namanya disebut membenarkan informasi mengenai serangan terhadap perusahaannya itu.

Menurut dia, sebuah server telah berhasil dibobol oleh pihak luar, dan serangan tersebut berasal dari server tersebut.

Semua karyawan Sony Pictures dipulangkan, dan mereka bekerja dari rumah karena sambungan internet pun terputus. Mereka juga disarankan untuk tidak mengakses jaringan perusahaan atau membuka e-mail mereka.

Selain itu, karyawan Sony juga diminta untuk menonaktifkan Wi-Fi dalam perangkat mobile mereka saat di kantor.

Pihak Sony mengatakan sudah mengetahui pembobolan servernya, dan mengatakan sedang menginvestigasi masalah IT tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com