Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Ingin Buat Smartwatch dari “Kertas”

Kompas.com - 27/11/2014, 16:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Bloomberg
Ilustrasi perangkat Smartwatch Sony

KOMPAS.com - Sony dikabarkan berencana membuat wearable device berupa jam tangan pintar dari “kertas”. Tentu, yang dimaksud bukan kertas biasa, melainkan e-paper alias panel display tipis fleksibel yang tampilan layarnya mirip dengan tinta di atas kertas.

E-paper tidak menghasilkan cahaya sendiri seperi layar gadget pada umumnya, tapi mengandalkan sumber cahaya di lingkungan sekitar seperti yang dilakukan ketika membaca buku.

Keterangan yang dikutip Kompas Tekno dari Bloomberg, Kamis (27/11/2014) menyebutkan bahwa jam tangan pintar e-paper Sony nantinya akan mengedepankan aspek gaya ketimbang fungsi kompleks macam gadget Apple Watch atau produk seri SmartWatch bikinan Sony sendiri.

Teknologi e-paper yang akan dipakai masih belum jelas. Beberapa produk e-paper yang beredar di pasaran memakai teknik berbeda untuk tampilan layar.

Smartwatch Pebble, misalnya, menggunakan LCD yang disebut sebagai “e-paper”, sementara jam CST-01 dari Central Standard Timing menggunakan e-Ink ala tablet Kindle.

Jam tangan pintar berbasis e-paper nantinya akan menjadi salah satu produk pertama yang ditelurkan oleh sebuah divisi baru di Sony, hasil bentukan CEO Kaz Hirai. Divisi tersebut ditujukan untuk menggenjot inovasi Sony dalam mengeluarkan terobosan baru.

Pasar wearable device sendiri masih terbilang kecil, dengan hanya 22 juta unit yang terjual di seluruh dunia pada tahun fiskal ini. Sebagian besar wearable device berbentuk jam tangan atau gelang pintar yang dikenakan di pergelangan tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com