Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Bikin Pemutar DVD Jadi Raksasa Smartphone

Kompas.com - 02/12/2014, 17:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Kini, Oppo merupakan salah satu produsen smartphone yang terkenal di dunia. Namun mungkin ada yang tidak tahu bahwa awalnya Oppo bukan merupakan perusahaan yang memproduksi smartphone.

Awal mulanya Oppo dibentuk pada tahun 2004 dengan nama Oppo Electronics Corp. yang bermarkas di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Masih di tahun yang sama Oppo Digital Inc. pun didirikan di California, Amerika Serikat.

Oppo Digital Inc. merupakan bagian independen dari Oppo, yang sekarang memproduksi alat pemutar DVD dan Blu-Ray. Pada tahun 2005, Oppo sukses dengan produk pemutar musik MP3 miliknya.

Barulah di tahun 2008, Oppo mulai merambah dunia perangkat ponsel. Produk ponsel Oppo yang saat itu sedang terkenal adalah Oppo A121. Ini merupakan feature phone dengan bentuk emoticon senyum pada bagian belakang ponsel tersebut.

Kemudian tahun 2009, Oppo meluncurkan ponsel musik yang menggunakan teknologi Real Player yaitu Oppo Real T9. Ponsel ini sudah menggunakan layar sentuh dan dapat memainkan musik maupun video dengan cukup baik. Penggunaan layar sentuh pada masa ini terbilang cukup modern.

Pada tahun 2010, Oppo telah memikirkan konsep dan mulai mengembangkan smartphone. Selain itu, perusahaan ini mulai mengembangkan tampilan antarmuka yang menarik. Masih di tahun yang sama Oppo pernah menggunakan boyband dari Korea, 2PM, untuk mempromosikan produknya di Thailand.

Selanjutnya di tahun 2011, Oppo telah mempunyai tiga keluarga ponsel andalan yaitu Real, Ulike, dan Find.  Kemudian Oppo pun mengeluarkan layanan penyimpanan awan agar mempermudah penggunanya dalam menyimpan data dari ponsel.

Hingga saat ini Oppo telah mengeluarkan berbagai smartphone yang mempunyai beragam desain casing, tampilan antarmuka, hingga spesifikasi hardware. Salah satu smartphone yang terkenal pada saat peluncurannya di Indonesia adalah Oppo Find 5.

Kini Oppo telah memproduksi beragam perangkat digital seperti pemutar musik MP3, LCD TV, ebook, pemutar DVD / Blu-Ray, hingga smartphone.

Baru-baru ini Oppo pun telah memperkenalkan dua smartphone terbarunya yaitu N3 dan R5. Untuk N3 memiliki fitur Auto Panorama dan R5 diklaim sebagai smartphone Oppo tertipis untuk saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com