Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADS

Tips Memotret Panorama dengan Smartphone

Kompas.com - 05/12/2014, 17:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini kamera dari smartphone memiliki fitur bawaan yang beragam yang memudahkan penggunanya dalam mengambil foto dengan berbagai cara. Salah satu fitur bawaan yang menarik dari kamera smartphone adalah foto panorama.  

Foto panorama merupakan foto yang dihasilkan dari penggabung beberapa gambar untuk membentuk hasil foto yang lebar memanjang. Biasanya foto panorama ini digunakan pada saat kita ingin mengambil gambar pemandangan atau keseluruhan area.

Berikut adalah beberapa tips singkat mengambil foto panorama:

1. Minimalkan Gerakan

Ketika ingin mengambil foto panorama, biasanya aplikasi bawaan kamera smartphone akan memberikan panduan dalam menggeser smartphone dari kiri ke kanan agar mendapatkan hasil gambar yang baik. Ketika pergeseran ini sebaiknya pembaca melakukan pergerakan secara perlahan agar menghasilkan foto yang tidak blur.

2. Pilih Pencahayaan yang Baik

Selain itu, dalam hal pencahayaan sebaiknya melihat area yang tepat sebelum mengambil foto. Kondisi cahaya yang berubah-ubah tidak kondusif, karena akan menyebabkan gambar yang dihasilkan kurang baik.

3. Perhatikan Gerakan Subyek Foto

Pastikan juga bahwa subyek di sekitar area yang akan diambilnya fotonya tidak dapat bergerak dengan cepat agar tidak merusak hasil foto panorama yang diambil.

4. Perhatikan Cuaca

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memperhatikan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Karena, apabila terdapat gangguan seperti hujan, bisa menyebabkan aplikasi sulit mengenali sudut foto untuk disambungkan.

Pada perangkat smartphone tertentu, foto panorama bisa diambil dengan fitur Auto Panorama. Fitur ini memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto panorama secara otomatis tanpa perlu menggeser smartphone dari titik awal hingga akhir foto.

Hal itu, misalnya, dapat dilakukan lewat perangkat Oppo N3 yang memiliki kamera yang dapat diputar dari depan ke belakang. Meski otomatis, pengguna tetap perlu memerhatikan beberapa tips di atas dalam mengambil foto panorama, terutama terkait gerakan tangan dan subyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com