Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Sekarang Bisa Cari "Status Update" Teman

Kompas.com - 09/12/2014, 11:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Facebook
KOMPAS.com — Mesin pencari milik Facebook, Graph Search, yang diluncurkan awal tahun 2013 kini makin pintar. Pengguna Facebook sekarang sudah bisa mencari status update yang dibuat oleh teman-temannya di jejaring sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

Sebelumnya, mesin pencari tersebut hanya dapat mencari informasi yang berkaitan dengan biodata pengguna Facebook. Misalnya, untuk mencari rekan yang berdomisili di satu kota, bisa dengan mengetikkan, "Siapa teman saya yang tinggal di Jakarta?"

Pembaruan yang dilakukan Facebook membuat mesin pencari itu bisa diperintahkan mencari sebuah posting atau berita yang disebar rekannya.

Algoritma mesin pencari Facebook akan mencari informasinya dari jaringan pertemanan milik pengguna. Tak hanya posting, kata kunci yang dimasukkan akan mengeluarkan informasi lain yang relevan, seperti foto, video, tempat, Pages, dan Groups.

"Anda telah mengatakan kepada kami, hal terpenting (di Facebook) adalah dapat menemukan posting-posting yang sudah dilihat sebelumnya, dan sekarang Anda bisa melakukannya," tulis pihak Facebook dalam blog resmi perusahaan, Senin (8/12/2014).

Fitur pencarian posting ini pertama kali tersedia untuk pengguna Facebook di AS sejak Senin. Negara-negara lainnya disebutkan akan mendapatkan fitur ini secara bertahap.

Graph Search untuk pencarian posting akan tersedia di Facebook versi desktop dan mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com