Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kini Terima Bitcoin

Kompas.com - 12/12/2014, 14:31 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ZDNet
KOMPAS.com - Kini, pemilik Bitcoin sudah bisa menggunakan uang virtual tersebut untuk membeli konten digital di toko online Microsoft.

Mulai 11 Desember 2014, seperti KompasTekno kutip dari ZDNet, Jumat (12/12/2014), perusahaan raksasa software tersebut mengizinkan para pemilik Bitcoin untuk menukar mata uang tersebut ke mata uang dollar AS.

Nantinya, hasil pertukaran tersebut akan ditambahkan ke akun Microsoft milik pengguna.

Uang yang sudah ditukarkan ini nantinya bisa digunakan untuk membeli konten digital di Windows Store, Xbox Games, Xbox Music, dan Xbox Video.

Sekadar catatan, mata uang Bitcoin sendiri tidak bisa digunakan langsung untuk membeli produk Microsoft. Artinya, pengguna harus menukarkan Bitcoin terlebih dahulu, sebelum membeli koten digital.

Untuk sistem pertukaran mata uang Bitcoin tersebut, Microsoft memanfaatkan teknologi dari pihak ketiga, yaitu BitPay.

Saat ini, pertukaran tersebut dibatasi penggunaanya di Amerika Serikat saja. Nilai mata uang yang bisa ditukarkan pun hanya 1.000 dollar AS setiap harinya dan setiap akun hanya bisa menampung uang sebesar 5.000 dollar AS saja.

Bitcoin sendiri adalah cryptocurrency yang bersifat terdesentralisasi dan tidak diatur atau dijamin oleh otoritas. Ia merupakan mata uang virtual yang saat ini bisa digunakan untuk membeli barang di toko tertentu.

Bitcoin dikatakan didirikan oleh seseorang bernama Satoshi Nakamoto. Bitcoin muncul pada 2008 saat Nakamoto mengungkapkan idenya di media online tentang mata uang digital. Jenis mata uang ini kemudian mendapat banyak perhatian pada 2013 sehingga nilainya menguat. Pada pertengahan Desember 2013, satu Bitcoin berada pada kisaran 710 dollar AS.

Namun, belakangan, mata uang ini mengalami keterpurukan seiring dengan masalah kebangkrutan di beberapa bursa Bitcoin besar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com