Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cicitan yang Paling Banyak Di-"retweet" di Indonesia

Kompas.com - 13/12/2014, 09:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ADdiction
KOMPAS.com — Jejaring sosial Twitter memiliki sebutan "Golden Tweet" untuk cicitan (tweet) yang paling banyak di-retweet. Hingga kini, rekor Golden Tweet dunia adalah postingan foto selfie Ellen DeGeneres dalam ajang Oscar, Mei 2014 lalu. Bagaimana untuk Indonesia?

Di Indonesia sendiri, menurut Twitter, cicitan yang menjadi Golden Tweet tahun 2014 adalah cicitan yang berasal dari akun Denny JA (@DennyJA_WORLD). Denny sendiri dikenal sebagai pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Pada awal tahun 2014 ini, ia sempat membuat kontroversi saat namanya dimasukkan ke dalam 33 tokoh sastra yang dianggap berpengaruh di Indonesia.

Kicauan Denny yang dibuat pada 4 Juni 2014 lalu itu berbunyi: "Dengan RT ini, anda ikut memenangkan Jokowi-JK. Pilih pemimpin yg bisa dipercaya (Jokowi) dan pengalaman (JK). #DjoJK"

Kicauan tersebut hingga kini mendapat lebih dari 1 juta kali retweet, dan difavoritkan oleh lebih dari 36.000 orang.

Dikutip KompasTekno dari situs ADdiction.id, Kamis (11/12/2014), posting-an @DennyJA_WORLD tersebut bahkan menjadi Golden Tweet nomor dua di bawah posting-an foto selfie Ellen seperti disebut di atas.

Pemilihan Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019 memang menjadi topik yang hangat di Twitter. Dengan hanya memunculkan dua nama kandidat presiden pada saat itu (Joko Widodo dan Prabowo Subianto), perbincangan di Twitter pun semakin seru.

"Golden Tweet dari Indonesia mencerminkan 'Pemilu Twitter' pertama di negara tersebut, dengan lebih dari 95 juta kicauan terkait dengan pemilu," demikian ujar pernyataan tertulis Twitter seperti dikutip KompasTekno dari ADdiction.

Lebih lanjut, Twitter mengatakan, apakah itu soal pemilu, Piala Dunia di Brasil, doa yang ditujukan bagi korban bencana alam, hingga peristiwa-peristiwa politik, jika itu ramai di Indonesia, maka ramai pula di Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ADdiction

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com