Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Pintu Pintar Sony Dijual Rp 1,5 Juta

Kompas.com - 15/12/2014, 14:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Sony Corp. sedang mengerjakan proyek urun dana (crowdsourcing) untuk membuat kunci pintar yang disebut dengan Qrio Smart Lock. Kunci pintar tersebut memungkinkan penggunanya mengontrol kunci pintu melalui peranti smartphone mereka.

Sony memajang proyek urun dananya itu di situs Makuake.com. Di situs itu, Sony menjual prototipe Qrio Smart Lock dengan harga 95 dollar AS (sekitar Rp 1 jutaan) untuk 200 penyumbang pertama. Harga retail dari Qrio Smart Lock sendiri diperkirakan oleh Sony sekitar 126 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta.

Sony menjelaskan, Qrio Smart Lock selain bisa mengenkripsi kunci pintu melalui smartphone, juga berbagi enkripsi tersebut dengan teman lain.

Dengan demikian, pemilik kunci bisa memberikan akses pintu masuk ke temannya melalui jarak jauh, apabila sedang berada di tempat lain, tanpa perlu mendatangi rumah atau apartemen mereka.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Jumat (12/12/2014), Qrio Smart Lock yng akan diluncurkan secara resmi akhir bulan Desember ini merupakan hasil kerjasama antara Sony dan World Innovation Lab.

World Innovation Lab adalah perusahaan pendanaan berbasis di AS yang didirikan sejak satu tahun lalu oleh beberapa perusahaan besar di Jepang, seperti ANA Holdings, Nippon Telegraph and Telephone Corp, dan Nissan Motor.

Qrio sendiri bukan menjadi peranti kunci pintar yang pertama. Sebelumnya, perusahaan berbasis di San Fransisco juga memperkenalkan produk yang serupa yang disebut August Smart Lock dengan harga 279,9 dollar AS (sekitar Rp 3,3 juta)

Bedanya, jika August Smart Lock mengharuskan pengguna memasang unit di pintu dengan obeng, maka produk buatan Sony diklaim tidak membutuhkan perkakas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com