Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Situs Pirate Bay Hidup Kembali?

Kompas.com - 17/12/2014, 11:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Situs penyebar konten bajakan, Pirate Bay kembali down pada minggu lalu, setelah kepolisian Swedia menggerebek server yang digunakan oleh situs berbagi file terkenal itu.

Berbeda dari penggerebekan sebelumnya, jika dahulu situs Pirate Bay bisa kembali beroperasi normal dalam hitungan hari, namun kini terkesan dibiarkan mangkrak, bahkan dari para kru mereka sendiri.

Baru-baru ini, salah satu kru Pirate Bay akhirnya angkat bicara. Kepada situs Torrent Freak, kru yang menyebut dirinya "Mr 10100100000" itu mengatakan pada Senin (15/12/2014), bahwa saat ini situs Pirate Bay belum memiliki rencana konkrit untuk kembali beroperasi.

"Kami tidak terkejut dengen penggerebekan minggu lalu, itu adalah bagian dari permainan ini, kami sangat ceroboh," ujarnya.

"Kami justru mengambil momen ini untuk berisitirahat. Berapa lama kami akan bertahan? Seperti apa nanti akhirnya? Kami sedikit penasaran juga bagaimana publik bereaksi," imbuhnya.

Menurut Torrent Freak, tanpa mengetahui isu yang sebenarnya, maka untuk kembali menjalankan operasional situs Pirate Bay akan lebih rumit dibanding dengan asumsi kebanyakan orang selama ini.

"Apakah kami akan melakukan reboot? Kami belum tahu. Namun jika demikian, maka kami akan melakukannya secara besar-besaran," kata Mr 10100100000.

Sementara situs Pirate Bay down, kini muncul banyak situs tiruan yang menawarkan konten serupa. Menanggapi hal tersebut, Pirate Bay justru menyambutnya dengan baik, namun mengingatkan pengguna agar berhati-hati terhadap scam.

"Tentu saja akan jadi maslaah jika situs seperti Pirate Bay mencoba menipu penggunanya, namun secara umum kami senang melihat banyak Pirate Bay - Pirate Bay lain," kata kata Mr 10100100000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com