Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Titip Smartphone, Telkomsel Pinjam BTS

Kompas.com - 18/12/2014, 13:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan teknologi Huawei. Dengan kerjasama tersebut, Huawei akan menyediakan infrastruktur BTS 3G bagi Telkomsel, sementara Telkomsel memberikan program bundling untuk perangkat mobile Huawei.

Dalam acara penandatanganan kerja sama yang dilakukan pada Kamis, (18/12/2014) di Jakarta tersebut, Bruce Liu selaku Vice President Huawei Indonesia berharap dengan kerja sama ini maka penjualan produk smartphone Huawei bisa meningkat di tahun depan.

Sementara Abdus Somad Arief, Network Director Telkomsel, mengatakan bahwa kerja sama dengan Huawei diharapkan bisa mengoptimalkan potensi masing-masing perusahaan.

"Telkomsel memiliki potensi dengan pelanggannya, sementara Huawei dengan handset-handset-nya," demikian kata Arief.

Sinergi antara kedua perusahaan itu juga disebut oleh Arief saling menguntungkan, karena Telkomsel memberikan program bundling dengan handset Huawei, sementara Telkomsel bisa menggunakan Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun oleh Huawei di Indonesia.

Menurut Arief, Huawei akan menyediakan sekitar 100 BTS 3G di Indonesia untuk digunakan oleh Telkomsel. Sementara, program bundling Telkomsel dengan Huawei disiapkan hingga 100.000 unit.

Handset-handset tersebut kebanyakan mendukung teknologi jaringan 3G, karena menurut Arief saat ini masih banyak pelanggan Telkomsel yang masih menggunakan handset 2G, jumlahnya ada sekitar 100 juta pelanggan.

Dengan program bundling tersebut, diharapkan pelanggan Telkomsel juga akan melakukan migrasi dari handset 2G ke 3G, atau bahkan langsung dari 2G ke 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com