Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewlett Packard Bidik "Gen-Y" Indonesia

Kompas.com - 18/12/2014, 19:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan komputer Hewlett Packard (HP) selama ini memiliki citra "serius" yang identik dengan bisnis dan korporasi.

Memasuki akhir 2014, pabrikan asal AS itu berupaya melebarkan sayap untuk menjangkau konsumen muda yang disebut Presiden Direktur HP Indonesia Subin Joseph sebagai "generasi milenial".

Generasi milenial atau yang juga sering disebut "Gen-Y" adalah mereka yang lahir pada dekade 80-an hingga 90-an yang kini bergaya hidup dinamis dan akrab dengan teknologi. HP berusaha menelurkan produk-produk yang disesuaikan untuk segmen konsumen ini melalui program kampanye "Bend the Rules".

"Bend the Rules ini adalah filosofi desain, dari lab riset dan pengembangan para teknisi kami merancang produk-produk dengan aneka fungsi dan bahan warna-warni sehingga cocok dengan gaya hidup generasi milenial," ujar Joseph saat ditemui Kompas Tekno usai acara konferensi pers HP di mal FX, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Desain baru HP tersebut tercermin dari sejumlah produk baru yang dipajang oleh HP hari itu. Laptop 2-in-1 HP Stream, misalnya, dilabur warna biru metalik yang terlihat terang. Begitu juga dengan laptop HP Pavilion x360 dengan warna merah menyala dan layar yang bisa diputar hingga 360 derajat untuk berubah bentuk menjadi tablet.

Joseph menjelaskan bahwa produk-produk baru HP tersebut dibanderol dengan harga terjangkau agar menarik hati para konsumen muda, terutama mereka yang biasa menggunakan perangkat portabel seperti laptop untuk bekerja.

Selain itu, dia mengatakan pihaknya akan turut menggelar kampanye iklan melalui sejumlah kanal, seperti bioskop dan situs-situs e-commerce untuk mendukung upaya HP memasuki pasar konsumen secara ekstensif.

"Soalnya, awareness konsumen terhadap beberapa jenis produk seperti laptop 2-in-1 (laptop yang bisa berubah jadi tablet) mesti ditingkatkan. Bisa jadi orang-orang belum banyak tahu bahwa produk semacam itu ada di pasaran," tambah Joseph.

Kampanye pemasaran itu, lanjutnya, bakal turut didukung oleh jaminan purna jual dari HP. Dengan mengunjungi salah satu dari tiga pusat servis besar HP di Jakarta, dia menjanjikan proses servis produk HP bisa selesai dalam 30 menit.

HP juga menyediakan layanan penjemputan produk untuk servis dengan jaminan lima hari selesai untuk wilayah kota besar seperti area Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang.

"Jaminan servis itu berlaku untuk semua jenis produk, dari mulai PC, notebook, hingga printer," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com