Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Jeritan Saat Turbulensi Beredar di YouTube

Kompas.com - 19/12/2014, 14:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Jeritan dan teriakan penumpang di dalam kabin pesawat Boeing 777-200 milik maskapai American Airlines saat mengalami turbulensi di udara terekam dalam sebuah video yang kini beredar di situs berbagi video, YouTube.

American Airlines nomor penerbangan 280 yang menerbangi rute Incheon (Korea Selatan)-Dallas (AS) itu mengalami turbulensi yang hebat pada Selasa (16/12/2014) malam, sesaat setelah melewati wilayah udara Jepang.

Karena turbulensi tersebut, 15 penumpang dilaporkan mengalami cidera. Pesawat yang membawa 240 penumpang dan 15 awak kabin itu pun harus melakukan pendaratan darurat di bandara Narita, Tokyo, untuk memberikan pertolongan medis kepada penumpang yang terluka tersebut.

Dikutip KompasTekno dari situs Daily Mail, Kamis (18/12/2014), lima dari 15 penumpang yang mengalami luka tersebut harus dilarikan ke rumah sakit di Tokyo.

Momen turbulensi ini direkam oleh salah seorang penumpang dengan kamera smartphone-nya dan diunggah ke YouTube.

Selain video, foto-foto yang menunjukkan kondisi kabin pesawat yang porak poranda akibat turbulensi juga banyak beredar di jejaring sosial Facebook.

Nampan dan troli makanan tampak berserakan di lantai kabin pesawat. Berkas cipratan air juga tampak membekas di langit-langit kabin pesawat.

Selain itu, tampak juga dalam foto, seorang penumpang mengenakan penyangga leher, dan penumpang lain yang sedang mendapatkan perawatan medis dari petugas darat di bandara Narita, Tokyo.

Turbulensi di udara bisa terjadi saat sebuah pesawat terbang memasuki wilayah udara yang memiliki tekanan berbeda-beda. Dalam kondisi tersebut, pesawat bisa "anjlok" secara tiba-tiba.

Kejadian ini memberikan kita pelajaran untuk selalu menggunakan sabuk keselamatan saat berada di dalam pesawat. Sebab, turbulensi bisa terjadi kapan saja dan di luar prediksi.

Facebook.com/Marc Stanley
Turbulensi di pesawat American Airlines AA280 Selasa (16/12/2014)
Facebook.com/Marc Stanley
Turbulensi di pesawat American Airlines AA280 Selasa (16/12/2014).
Video turbulensi yang terekam oleh salah satu penumpang American Airlines AA280 pada Selasa (16/12/2014) malam:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com