Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bersih-bersih, Bieber Kehilangan 3 Juta Pengikut

Kompas.com - 20/12/2014, 08:01 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Instagram sedang "bersih-bersih" rumah. Dalam beberapa hari ini, situs berbagi foto ini menghapus jutaan akun yang diduga palsu dan sudah lama tidak aktif.

Bagi pengguna biasa, penghapusan akun tersebut, mungkin, tidak akan terlalu memberikan dampak yang buruk. Jumlah follower akun mereka tidak akan berkurang terlalu banyak.

Akan tetapi, kebijakan baru Instagram tersebut ternyata memberikan imbas yang cukup besar bagi para selebritas, terutama bagi 100 akun Instagram dengan jumlah pengikut terbanyak.

Penurunan follower dalam jumlah besar tersebut terlihat dari data yang dilansir oleh seorang pengembang web bernama Zach Alia.

Ini sekaligus mengungkapkan pengikut akun Instagram para selebritas ternyata kebanyakan palsu.

Berdasarkan data tersebut, seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Jumat (19/12/2014), artis-artis terkenal dari dunia Barat mengalami penurunan follower dalam jumlah sangat drastis.

Sebagai contoh, follower penyanyi muda Justin Bieber menjadi 23 juta, berkurang 3.538.228 akun. Awalnya, akun artis asal Kanada itu diikuti oleh 23.817.614 akun.

Contoh lainnya, penyanyi musik rap Akon, mengalami penurunan dari 4.375.631 akun menjadi 1.916.385 akun. Total penurunan tersebut mencapai 56 persen.

Ironisnya, penurunan terbesar malah dialami oleh akun Instagram sendiri. Jumlah pengikut akun tersebut awalnya sebanyak 64.131.228 akun. Setelah penghapusan akun, kini pengikut perusahaan milik Facebook tersebut hanya sebanyak 45.251.017 akun saja.

Instagram sendiri belum lama ini mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif mereka telah menyentuh angka 300 juta. Jumlah tersebut lebih banyak dari pengguna aktif Twitter yang berada di angka 284 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com