Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cetak Foto Kamera Instan Ini Cuma Rp 37

Kompas.com - 21/12/2014, 08:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis


KOMPAS.com — Pada zaman serba digital ini, foto biasanya cuma tersimpan dalam memori atau di balik layar gadget. Mencetak foto ke atas kertas jadi kegiatan yang langka, pun termasuk mahal.

Namun, seseorang bernama Michael Ciuffo membuat sebuah kamera instan yang biaya cetaknya supermurah. Kamera hitam putih buatannya bisa mencetak foto di kertas bon.

Kamera ciptaan Ciuffo bernama PrintSnap. Dia menggunakan kertas bon, yang harganya jauh lebih murah, sebagai pengganti kertas foto. Kertas bon tersebut adalah jenis thermal paper yang dapat berubah warna jika terkena panas.

Seperti dilansir KompasTekno dari Visual News, Jumat (19/12/2014), PrintSnap bisa digunakan cukup dengan memasang gulungan kertas bon ke dalam kamera dan tak perlu mengganti tinta. Hanya perlu 30 detik untuk mencetak foto dari kamera ini.

Hasil cetak kamera ini berwarna hitam-putih dalam ukuran 640 x 384 piksel atau 3x1,75 inci. Walau hasil cetaknya tak bisa dikatakan bagus, kamera ini punya kelebihan lain yang menarik. Ciuffo memperkirakan biaya cetak PrintSnap hanya 0,003 dollar AS, atau setara Rp 37 per lembarnya.

Cuffio rencananya akan memproduksi kamera ini melalui crowdfunding. Buat Anda yang tertarik soal pembuatannya, Cuffio juga membagikan proses kreatif membuat PrintSnap di link berikut: http://ch00ftech.com/2014/12/17/printsnap-instant-camera/.

Video demo kamera itu bisa dilihat di YouTube:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com