Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Notifikasi ala Lollipop Bisa di Semua Android, Caranya?

Kompas.com - 22/12/2014, 15:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna smartphone atau tablet Android versi apapun kini bisa merasakan fitur ala Android terbaru, Lollipop. Caranya dengan menggunakan aplikasi Heads-up Notifications besutan developer Simen.codes.

Yang menarik dari notifikasi Android 5.0 Lollipop unsur praktisnya karena bisa muncul di manapun, sehingga pengguna tidak akan ketinggalan membaca pesan penting.

Bentuknya berupa kotak berisi teks dan foto pengirim pesan yang dapat muncul mengambang pada lock screen, home screen, atau ketika penggunanya sedang bermain game.

ist. Notifikasi Android Lollipop.
Pengguna yang ingin langsung membuka pesan tersebut pun tidak dibuat repot dengan keharusan keluar dari aplikasi yang sedang digunakan.

Ketika notifikasi muncul, cukup menyentuhnya maka pesan pun akan langsung terbuka. Pengguna juga bisa menghapus notifikasi dengan mengusapnya ke arah kanan.

Bagi yang ingin mencicipi notifikasi ala Android Lolipop, berikut ini panduan yang disusun KompasTekno, Senin (22/12/2014).

1. Unduh aplikasi "Heads-up Notifications" dari Google Play Store melalui tautan ini. Install aplikasi tersebut dan jalankan.

Play Store Notifikasi Android Lollipop.

2. Pilih opsi "Toggle heads-up" dan aktifkan. Anda akan diberitahukan bahwa aplikasi ini dapat membaca semua notifikasi yang masuk ke smartphone, termasuk kontak serta pesan. Pilih "Ok" untuk menjalankan aplikasi tersebut.

ist.
Notifikasi Android Lollipop.
3. Pilih "Setting", lalu "App Filter" untuk menyaring aplikasi apa saja yang notifikasinya dapat muncul melalui Heads-up. Selain itu, Anda juga bisa menentukan notifikasi apa saja yang jadi prioritas (memerlukan OS Android 4.1).

ist.
Notifikasi Android Lollipop.
Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak pengaturan, seperti posisi pop-up, cara menghapus notifikasi, ukuran font, ikon ala Android Lollipop, serta pocket detection yang membuat layar smartphone tidak menyala jika posisinya sedang berada dalam saku.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com