Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Saja Indosat akan Menggelar 4G LTE?

Kompas.com - 22/12/2014, 17:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat meresmikan peluncuran jaringan 4G LTE miliknya pada Senin (22/12/2014). Layanan bernama Super Internet 4G LTE tersebut saat ini baru tersedia di Jakarta, tepatnya di seputaran Monas, Thamrin, dan Sudirman.

Daerah mana lagi yang akan kebagian 4G LTE Indosat? "Nanti, akhir Januari kami juga akan menggelar (4G LTE) di Jogja dan Bali," jawab Presiden Direktur dan CEO Indosat Alexander Rusli ketika ditanya soal itu di sela acara peluncuran di mal Grand Indonesia.

Menurut Alexander, di tiga kota tersebut, Indosat akan menggelar layanan 4G LTE menggunakan lebar pita 5 MHz di frekuensi 900 MHz.

Dia mengingatkan bahwa hal itu akan berujung pada masih terbatasnya kecepatan layanan 4G LTE, yakni hanya sebesar 35,5 Mbps dibandingkan jaringan 3G Indosat yang diklaim mencapai 42 Mbps.

"Kami sebenarnya memiliki alokasi 10 MHz di frekuensi 900 MHz, tapi kami hanya menghidupkan 5 MHz karena tak mau mengorbankan user experience pelanggan," imbuhya sambil menambahkan bahwa Indosat masih memiliki banyak pelanggan 2G yang bergantung dengan frekuensi 900 MHz.

Division Head Data Services Indosat Syarif Mahfudz mengatakan bahwa 32.000 Base Transceiver Station (BTS) Indosat di seluruh Indonesia yang dibangun sejak 2 tahun lalu sebenarnya sudah mendukung jaringan 4G LTE. Namun, untuk saat ini baru sebagian kecil yang mengaktifkan fungsi jaringan berkecepatan tinggi itu.

"Untuk penerapan di Jakarta, Jogja, dan Bali hingga akhir Januari nanti, kami menyiapkan sampai 100 BTS 4G LTE," kata Syarif. "Untuk kota-kota lain, koneksi HSDPA 42 Mbps sebenarnya masih mencukupi.

Peminat di Jakarta yang ingin mencicipi layanan Super Internet 4G LTE Indosat bisa membeli kartu USIM baru yang berisi pengaturan konfigurasi jaringan berkecepatan tinggi itu.

Pemilik kartu Indosat lama juga bisa menukarkan kartunya dengan kartu USIM baru secara gratis di Galeri Indosat di Sarinah dan kantor pusat Indosat, Jalan Medan Merdeka Barat 21. Adapun nomer seluler lama bisa tetap dipertahankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com