Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Belum Lewat Sehari, Jaringan Internet Korea Utara Kembali Lumpuh"

Kompas.com - 24/12/2014, 00:38 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com - Koneksi internet Korea Utara putus lagi, Selasa (23/12/2014), berdasarkan klaim dari sebuah grup riset internet di Amerika Serikat yang melacak upaya Korea Utara untuk tetap punya koneksi online.

Dyn Research, Selasa, empat jaringan internet Korea Utara yang sepenuhnya didukung oleh perusahaan komunikasi China, Unikom, kembali terputus pada pukul 15.41 GMT atau pukul 22/41 WIB, setelah tak stabil selama beberapa jam sebelumnya.

Pada Senin (22/12/2014), jaringan internet Korea Utara putus selama sembilan jam, yang sontak memunculkan spekulasi bahwa negeri tertutup ini telah menjadi sasaran serangan balik dari para peretas asal Amerika Serikat.

Sebelumnya, Washington telah menuduh Korea Utara berada di balik peretasan Sony Pictures, terkait film "The Interview", sebuah komedi fiksi satire yang dalam alur ceritanya melibatkan sosok pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah berjanji akan memberikan balasan yang proporsional, menyusul tuduhan keterlibatan Korea Utara dalam peretasan Sony itu yang dilansir Biro Investigasi Federal (FBI).

Sejauh ini belum ada konfirmasi soal penyebab putusnya koneksi internet di Korea Utara. Namun, para pakar berpendapat telah terjadi crash akibat serangan yang memicu penolakan layanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com