Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Jadi "Runner-up", CEO BlackBerry Dipuji

Kompas.com - 24/12/2014, 13:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNN
KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook dinobatkan sebagai CEO of the Year oleh CNN di akhir tahun ini. Tim Cook berhasil mengalahkan CEO BlackBerry, John Chen yang berada di peringkat kedua.

Tak heran apabila Cook bersama Apple berada di peringkat satu. Yang menjadi perhatian adalah keberhasilan Chen yang menduduki peringkat dua dalam daftar tersebut. Meski cuma jadi "runner-up", Chen banyak dipuji oleh media dan dianggap layak, mengingat kondisi BlackBerry satu tahun lalu.

Chen dianggap mampu membalikkan kondisi BlackBerry dan membawa kestabilan keuangan di perusahaan tersebut, sembari mengalihkan bisnis dari hanya mengandalkan perangkat mobile ke layanan software enterprise.

Smartphone yang diluncurkan BlackBerry di era John Chen juga lebih ditujukan ke pengguna bisnis, seperti BlackBerry Passport yang bisa membuka spreadsheet, e-mail, dan lainnya dengan layar 4,5 inci.

Chen juga mulai mendatangkan uang dari layanan pesan instan BlackBerry Messenger yang kini memiliki 91 juta pengguna aktif dengan berjualan sticker. BBM juga kini bisa digunakan dari beragam platform selain BlackBerry, seperti iOS, Android, dan Windows Phone.

Di samping itu, nilai saham BlackBerry juga meningkat 35 persen di tahun ini, sehingga meyakinkan investor bahwa bisnis BlackBerry masih akan bisa bertahan.

John Chen sendiri memiliki riwayat kepemimpinan sukses membawa perusahaan sekarat menjadi hidup kembali, seperti Sybase, perusahaan yang dipimpinnya dahulu.

Walau demikian, berbagai kebijakan yang diambil Chen juga berimbas kepada karyawannya, seperti pemangkasan karyawan yang dilakukannya utnuk penghematan.

BlackBerry juga banyak menjual aset-asetnya seperti kantor utama mereka di Ontario, Kanada untuk menyelamatkan neraca keuangan perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com