Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADS

Block, Amankan Smartphone dari SMS Mengganggu

Kompas.com - 26/12/2014, 17:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Telepon dan SMS merupakan hal yang penting dalam penggunaan smartphone. Namun ada kalanya kedua hal itu datang dari pihak yang mengganggu dan membuat risih.

Misalnya, jika mendapatkan teror telepon yang tak henti-henti. Atau, jika menerima SMS yang seperti spam alias SMS sampah, sehingga hanya memenuhi kapasitas penyimpanan saja.

Beberapa smartphone telah menyediakan fitur Block untuk dapat memblokir telepon dan menyaring SMS yang masuk. Salah satu smartphone yang mempunyai fitur ini adalah Oppo R5.

Untuk mengaktifkan fitur Block yang terdapat dalam smartphone Oppo R5,   hanya perlu mengakses aplikasi Security Center. Nantinya, pengguna dapat memilih menu Block.

Dalam menu ini pengguna dapat menentukan nomor kontak yang mengganggu sehingga panggilan maupun SMS dari nomor tersebut akan otomatis terblokir.

Dalam fitur Block ini pengguna dapat melakukan penyaringan SMS berdasarkan kata kunci yang terdapat dalam isi SMS yang masuk.

Penyaringan dengan menggunakan kata kunci ini memang akan diterapkan ke semua pesan yang masuk. Apabila ingin SMS orang yang dikenal tidak terdeteksi fitur ini, dapat ditambahkan pada menu Whitelist.

Setiap telepon maupun SMS yang mencurigakan akan secara otomatis dideteksi oleh fitur Block ini dan akan langsung muncul pada menu Blocked Call maupun Blocked Message.

Fitur ini cukup membantu untuk menghentikan telepon dan SMS yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com