Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Xiaomi Ternyata Cuma Hoax

Kompas.com - 31/12/2014, 11:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Desas-desus soal laptop Xiaomi terjawab. Pasca perusahaan Tiongkok itu sukses mendapatkan suntikan dana 1,1 miliar dollar AS, muncul bocoran foto laptop mirip MacBook Air yang disebut sebagai produk baru Xiaomi. Namun foto ini ternyata hoax.

“Itu kabar bohong,” ujar Kaylene Hong, Communication Manager Xiaomi seperti dikutip KompasTekno dari Tech in Asia, Rabu (31/12/2014).

Pencarian gambar melalui Google menemukan sebuah foto laptop Kaka K18 yang memiliki tombol oranye. Laptop ini sangat mirip dengan bocoran foto laptop Xiaomi, memiliki tombol oranye di sisi kanan atas keyboard. Perbedaannya hanya pada logo MI di bawah layar.

Logo MI berwarna oranye yang ada pada foto bocoran tersebut merupakan hasil edit. Pelakunya cukup mengambil logo Xiaomi lalu menempelkannya pada Kaka K18.

Tech in Asia
Laptop Kaka K18 sebelum ditambahkan logo Xiaomi di bagian bawah layar.

Desas-desus bocoran laptop Xiaomi tersebut pertama kali muncul pada situs Gizmochina, yang tak diketahui reputasinya. Selanjutnya kabar tersebut disebarkan oleh situs yang lebih terkenal, 9to5Mac dan BusinessInsider.

Co-Founder sekaligus President of Xiaomi Lin Bin sebelumnya mengatakan Xiaomi akan meluncurkan gadget andalan pada 2015. Namun dalam pernyataan yang diunggah ke laman Facebook-nya itu tidak disebutkan bahwa gadget yang dimaksud adalah laptop, smartphone atau tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com